Sabtu 19 Dec 2020 05:35 WIB

Nakes Covid-19 Sholat Gunakan APD, Alasannya Bikin Prihatin

Setiap Muslim wajib menjalankan salat dalam kondisi apapun.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
Tenaga kesehatan sholat dengan APD
Tenaga kesehatan sholat dengan APD

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Setiap Muslim diwajibkan menjalankan ibadah sholat dalam kondisi apapun. Ini seperti yang dilakukan oleh tenaga kesehatan (nakes) yang terekam dalam video berdurasi 20 detik melaksanakan sholat di sela tugasnya dan videonya menjadi viral di media sosial.

Namun, sholatnya bukan di masjid maupun di musala, nakes ini sholat di trotoar rumah sakit. Tak hanya itu, tenaga kesehatan juga mengenakan alat pelindung diri lengkap atau pakaian hazmat.

Dari penelusuran di lapangan, video viral ini terjadi di RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya. Pria yang terekam merupakan tenaga ambulans yang akan menjemput pasien Covid-19.

"Iya betul setelah saya konfirmasi, itu petugas kami yang bekerja sebagai supir ambulans. Ia sholat magrib," kata Dirut RS SMC Iman Firmansyah, Jumat (18/12/2020).

Iman menceritakan, sopir itu hendak menjemput pasien terkonfirmasi positif Covid-19. "Berhubung rujukannya lama, dan sudah pakai APD lengkap hazmat, dan waktu sudah magrib, sehingga sholat menggunakan hazmat, kalau membuka hazmat, dia harus mengulang lagi sterilisasinya," tambah Iman.

Nakes yang sedang sholat magrib itu bernama Hadi. Ia pun mengaku terpaksa menunaikan sholat magrib sambil memakai APD karena akan berhubungan dengan pasien positif Covid-19.

“Ia betul nakes dalam video itu memang saya sedang menunaikan salat magrib,” ujar Hadi.

Hadi menjelaskan secara perhitungan, waktu magrib cukup singkat sehingga ia harus sesegera mungkin melaksanakan sholat. Karena apabila membuka baju APD dan melakukan persiapan membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Dari mulai membuka APD hazmat, lalu mandi bertujuan membersihkan badan setelah pakai APD dan kotak dengan pasien. Prosesnya lama sedangkan magrib waktunya cepat ke isya,” ungkap Hadi.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement