Jumat 18 Dec 2020 19:08 WIB

China Suntik 50 Juta Orang Vaksin Covid-19 Jelang Imlek

Vaksinasi Covid-19 di China untuk menghadapi puncak musim mudik Tahun Baru Imlek

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
SinoVac, salah satu perusahaan farmasi China yang memproduksi salah satu kandidat vaksin Covid-19.
Foto: Ng Han Guan/AP
SinoVac, salah satu perusahaan farmasi China yang memproduksi salah satu kandidat vaksin Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- China berencana untuk memvaksin 50 juta orang dalam kelompok prioritas tinggi terhadap virus corona. Langkah besar itu segera dilakukan sebelum dimulainya puncak musim perjalanan Tahun Baru Imlek awal tahun depan.

Laporan South China Morning Post pada Jumat (18/12), menyatakan, Beijing berencana untuk mendistribusikan 100 juta dosis vaksin yang dibuat oleh perusahaan China Sinopharm dan Sinovac Biotech Ltd. Pemerintah telah memberikan status penggunaan darurat kepada dua kandidat vaksin dari kedua perusahaan itu. Sedangkan, vaksin dari CanSino Biologics Inc telah diperbolehkan untuk penggunaan militer.

Baca Juga

Para pejabat China telah diminta untuk menyelesaikan 50 juta dosis pertama pada 15 Januari dan yang kedua pada 5 Februari. Inokulasi massal untuk kelompok dengan prioritas tinggi bertujuan untuk mengurangi risiko penyebaran penyakit selama liburan tahunan selama seminggu.

Kelompok prioritas tinggi termasuk petugas kesehatan, petugas polisi, pemadam kebakaran, petugas bea cukai, petugas kargo, pekerja transportasi, dan logistik. Provinsi Sichuan di China dapat mulai memvaksinasi orang tua dan orang-orang dengan kondisi yang mendasarinya pada awal bulan depan, setelah menyelesaikan suntikan untuk kelompok prioritas. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement