Sabtu 19 Dec 2020 01:57 WIB

Wagub DKI: Penyaluran Bansos Melalui Bank DKI

Jumlah penerima diperkirakan turun karena sudah banyak warga yang bekerja kembali.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Bilal Ramadhan
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria
Foto: Republika/Flori Sidebang
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya melakukan koordinasi dengan Kementerian Sosial (Kemensos) terkait penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 berupa uang tunai pada tahun 2021. Ariza menyebut, bantuan uang tunai senilai Rp 300 ribu itu akan disalurkan melalui Bank DKI dan PT Pos.

"(Besarannya) Rp 300 ribu, dalam bentuk setoran tunai. Nanti akan disetorkan langsung melalui Bank DKI dan melalui PT Pos," kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (17/12).

Ariza menjelaskan, bantuan itu akan diberikan setiap bulan, mulai Januari 2021 selama enam bulan ke depan. Dia menyebut, bagi masyarakat yang belum memiliki rekening Bank DKI, nantinya akan didata dan didaftarkan lebih dahulu melalui Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta. "Nanti akan didaftarkan semua, oleh Dinsos dan Bank DKI," ujarnya.

Ariza menambahkan, Pemprov DKI kembali mendata masyarakat yang akan menerima bansos pada tahun 2021. Menurut dia, jumlah penerima bantuan itu kemungkinan mengalami penurunan lantaran sejumlah masyarakat sudah kembali bekerja.

"Jumlah penerima sedang dicek kembali, sebelumnya 2,45 juta orang, ada kemungkinan jumlahnya menurun karena sudah banyak warga Jakarta yang Alhamdulillah bisa dapat bekerja kembali," ungkap dia.

Ariza pun berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan bantuan itu dengan baik. Terutama dalam hal memenuhi kebutuhan pangan maupun sembako.

"Kita harapkan masyarakat bisa membelanjakannya di warung-warung, pasar-pasar sekitar rumah. Sehingga dapat menggerakkan ekonomi di sekitar rumah masing-masing, sehingga ada peningkatan pergerakan ekonomi," jelasnya.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Menteri Sosial (Mensos) RI Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di wilayah Jabodetabek berupa bantuan sosial tunai (BST) pada 2021.

"Teknisnya masih harus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," katanya di Gedung Kementerian Sosial Jakarta, Senin (14/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement