Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Sulit tapi Pasti Bisa, 3 Kebiasaan yang Harus Diubah Mualaf

Sabtu 19 Dec 2020 05:43 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Ani Nursalikah

Sulit tapi Pasti Bisa, 3 Kebiasaan yang Harus Diubah Mualaf. Ilustrasi Muslimah

Foto:
Mengubah kebiasaan bisa menjadi tantangan bagi seorang Muslim baru.

Tata Krama

Agama Islam sangat menekankan pada tata krama dalam semua aspek kehidupan. Alquran dan hadis adalah sumber yang sangat luas dari kesopanan yang tepat yang harus diikuti oleh semua Muslim dengan kemampuan terbaik mereka.

Ada etiket makan, tidur dan bahkan bersin dalam Islam. Sebagai seorang Muslim baru, ini mungkin tampak luar biasa pada awalnya. Tapi ingat, langkah kecil akan menghasilkan lompatan besar saat Anda belajar.

Bagi banyak Muslim baru, perasaan gagal yang luar biasa mungkin perlahan meresap saat mencoba mempelajari etiket berbeda dalam Islam. Rasulullah SAW memberi kita nasihat abadi yang menenangkan hati dan menguatkan iman kita bahkan sampai hari ini. 

"Agama sangat mudah dan siapa pun yang membebani dirinya sendiri dalam agamanya tidak akan bisa melanjutkannya dengan cara itu. Jadi Anda seharusnya tidak menjadi ekstremis, tetapi cobalah mendekati kesempurnaan dan menerima kabar baik Anda akan diberi pahala." (Al-Bukhari)

Tahun pertama Meehan sebagai seorang Muslim adalah yang paling sulit karena ia membuat kesalahan yang tak terhitung jumlahnya dan merasa ingin menyerah begitu saja. Namun berkali-kali, ia menyampaikan kekhawatirannya kepada Allah dalam setiap doa.

"Seiring waktu, saya menemukan kemudahan dalam mengubah setiap etiket Islam menjadi kebiasaan tercinta yang mendekatkan saya kepada Allah," kata Meehan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA