Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Aktor Pemeran Boba Fett di Star Wars Tutup Usia

Jumat 18 Dec 2020 16:36 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Jeremy Bulloch, sosok di balik kostum Boba Fett. Bulloch memerankan sosok pemburu Boba Fett di film Star Wars, yakni The Empire Strikes Back dan The Return of the Jedi.

Jeremy Bulloch, sosok di balik kostum Boba Fett. Bulloch memerankan sosok pemburu Boba Fett di film Star Wars, yakni The Empire Strikes Back dan The Return of the Jedi.

Foto: Twitter
Jeremy Bulloch, sosok di balik kostum Boba Fett, meninggal pada Kamis (17/12).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Aktor Inggris Jeremy Bulloch meninggal dunia pada usia 75 tahun, Kamis (17/12) waktu setempat. Bulloch memerankan sosok pemburu Boba Fett di film Star Wars, yakni The Empire Strikes Back dan The Return of the Jedi.

Agen Bulloch, Kelly Andrews, mengabarkan berita duka tersebut kepada laman USA Today. Dia menyampaikan bahwa Bulloch mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit St George, Tooting, London, Inggris.

Baca Juga

"Kami sangat sedih mengumumkan wafatnya Jeremy Bulloch. Dia meninggal dunia dengan damai di rumah sakit dikelilingi keluarga, karena komplikasi kesehatan setelah bertahun-tahun melawan penyakit Parkinson," kata Andrews.

Ucapan belasungkawa segera berdatangan, termasuk dari akun Twitter Star Wars. "Bulloch akan selalu dikenang bukan hanya karena aksi ikoniknya memerankan karakter legendaris, tetapi juga karena kehangatan dan semangat dermawan yang menjadi bagian kuat dari warisannya yang kaya," tulis akun tersebut.

Sebagai pemburu bayaran, Boba Fett memang hanya mengatakan dialog sebanyak empat kalimat. Akan tetapi, itu menjadi salah satu favorit para penggemar Star Wars. Begitu juga aksinya terbang dengan Han Solo yang membeku dan terbang mengitari gurun Tatooine menggunakan jet pack.

Aktor Mark Hamill, pemeran Luke Skywalker, menulis di Twitter bahwa Bulloch adalah pria klasik Inggris. "Dia sangat baik kepada semua orang yang cukup beruntung pernah berjumpa atau bekerja dengannya. Saya akan sangat merindukannya (dan) sangat bersyukur bisa mengenalnya," tuturnya.

Billy Dee Williams yang memerankan tokoh Lando Calrissian di adegan yang sama dengan Boba Fett, turut menyampaikan ucapan berduka. Begitu juga Daniel Logan, kawan sekaligus anak didik mendiang, yang memerankan Boba Fett di prekuel Star Wars.

Pengisi suara Boba Fett di serial televisi "Star Wars: The Clone Wars" itu sangat kehilangan. "Aku tidak akan pernah melupakan semua yang kau ajarkan padaku. Aku akan mencintaimu selamanya. May the force be with you always," ucapnya.

Lahir pada 16 Februari 1945 di Leicestershire, Inggris, Bulloch mendapatkan peran besar pertamanya pada usia 17 dalam film musik Summer Holiday. Dia juga berperan di film James Bond 1977 The Spy Who Loved Me serta serial TV "Doctor Who".

Salah satu aksinya yang mengesankan memang sebagai Boba Fett di Star Wars. Dia mengatakan, kostum yang dikenakan sangat berat dan bisa roboh jika berdiri berjam-jam. Namun, dia merasa enggan melepasnya karena kostumnya terlihat fantastis.

Bulloch juga memainkan dua peran tanpa topeng di Star Wars. Perannya yakni sebagai perwira Kekaisaran Letnan Sheckil dalam The Empire Strikes Back serta menjadi Kapten Jeremoch Colton dalam Revenge of the Sith.

Sang aktor tidak keberatan dikenang sebagai karakter ikonik Boba Fett, meskipun itu artinya dia lebih dikenali ketika memakai topeng. Bulloch juga mengaku tidak akan pernah melupakan Star Wars yang selalu ada di benaknya setiap hari.

Pada wawancara 2013 silam, Bulloch menuturkan bahwa tantangan terbesar memerankan Boba Fett adalah tidak banyak berakting. "Hal terbaik untuk dilakukan adalah hampir tidak melakukan apa-apa. Lebih sedikit adalah yang terbaik, sungguh," ungkapnya.

Sutradara George Lucas menghargai apa yang disampaikan Bulloch tersebut. "Jeremy membawa kombinasi sempurna antara misteri dan ancaman ke dalam penampilannya sebagai Boba Fett, yang saya ingin karakter itu sampaikan," kata Lucas di StarWars.com.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA