Jumat 18 Dec 2020 16:54 WIB

Turki Tingkatkan Kemampuan Produksi Vaksin Covid-19

Empat calon vaksin Covid-19 Turki berhasil menyelesaikan uji coba pada hewan

Red: Nur Aini
Vaksin Covid-19
Vaksin Covid-19

 

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Turki berusaha meningkatkan kemampuan produksi vaksinnya dengan bekerja sama dengan tiga perusahaan Turki yang memiliki kapasitas untuk memproduksi 160 juta dosis vaksin, kata menteri industri dan teknologi negara itu pada Kamis (17/12).

Baca Juga

"Empat calon vaksin Covid-19 buatan Turki telah berhasil menyelesaikan fase uji coba pada hewan," kata menteri Mustafa Varank dalam konferensi terkait kedokteran dan vaksin yang diselenggarakan oleh Dewan Riset Ilmiah dan Teknologi Turki (TUBITAK).

Setelah pertama kali muncul di China Desember lalu, pandemi Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 74 juta orang di seluruh dunia, menewaskan 1,65 juta orang. Jumlah orang yang pulih dari penyakit itu secara global telah mencapai 42 juta.

Sebanyak 1,9 juta kasus tercatat di Turki sejak Maret, sementara virus tersebut sudah menyebabkan sekitar 17.000 kematian. Platform terkait Covid-19 di Turki telah menggunakan banyak teknologi vaksin global yang berbeda untuk menggunakan teknik yang lebih inovatif, kata Varank.

Varank mengatakan pusat pengembangan vaksin dan obat akan didirikan dalam waktu satu tahun sebagai bagian dari program TUBITAK.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/turki-sedang-tingkatkan-kemampuan-produksi-vaksin-covid-19/2080888
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement