Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

JNK 2020 Usai, Siapkan Diri Hadapi Tantangan Komunikasi

Jumat 18 Dec 2020 15:59 WIB

Red: Hiru Muhammad

JNK 2020 yang merupakan sebuah tradisi baik dari ASPIKOM Korwil Jabodetabek juga telah menghasilkan talenta-talenta baru yang menjadi pemenang pada berbagai lomba yang diadakan

JNK 2020 yang merupakan sebuah tradisi baik dari ASPIKOM Korwil Jabodetabek juga telah menghasilkan talenta-talenta baru yang menjadi pemenang pada berbagai lomba yang diadakan

Foto: istimewa
Acara puncak JNK diawali dengan seminar daring tantangan komunikasi pascapandemi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–-Acara puncak Jambore Nasional Komunikasi 2020 (JNK 2020) diawali dengan seminar daring yang membahas upaya yang dapat dilakukan pascapandemi Covid-19, khususnya terkait bidang komunikasi.

Seminar daring yang mengundang empat narasumber dengan latar belakang berbeda mampu memaparkan berbagai sudut pandang yang dapat membantu masyarakat khususnya civitas akademika dalam mempersiapkan diri pasca pandemi Covid-19. 

Narasumber seminar bertajuk Adaptasi Dan Inovasi Menghadapi Tantangan Komunikasi Pasca Pandemi Covid 19 adalah Prof Ibnu Hamad-Guru Besar Universitas Indonesia, Prof Widodo Muktiyo-Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo RI, Makroen Sanjaya-Direktur TVMU dan Kristy Nelwan-Head of Communication Unilever Indonesia. 

Narasumber membahas upaya yang dilakukan akademisi, pemerintah dan praktisi komunikasi untuk dapat beradaptasi dengan keadaan saat ini. Acara dihadiri lebih dari 400 peserta dengan antusias tinggi, terlihat dari jumlah pertanyaan yang masuk pada sesi diskusi. 

Pengumuman pemenang lomba merupakan acara yang tidak kalah dinantikan oleh para peserta seminar. Terdapat sebelas lomba yang diselenggarakan pada JNK 2020 yaitu Manajemen Isu, Fotografi Jurnalistik, News Anchor dan Presenter, Penulisan Opini, Public Service Advertisement (PSA), Komunikasi Publik Covid-19 serta Dosen Teladan. Pemenang lomba diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutan kemenangan guna memotivasi peserta lain yang belum berkesempatan menjadi pemenang tahun ini. Lomba dalam rangakaian JNK selalu dinanti oleh dosen dan mahasiswa guna memacu semangat berkompetisi untuk meningkatkan kualitas diri.

Usai sudah rangkaian acara Jambore Nasional Komunikasi 2020. Dimulai pada 28 Agustus 2020 dan puncaknya pada 16 Desember 2020, juga dengan webinar yang bertemakan Adaptasi dan Inovasi Menghadapi tantangan Komunikasi Pascapandemi Covid-19. 

"JNK 2020 yang merupakan sebuah tradisi baik dari ASPIKOM Korwil Jabodetabek juga telah menghasilkan talenta-talenta baru yang menjadi pemenang pada berbagai lomba yang diadakan. Semoga talenta-talenta ini akan terus bersinar dan siap memberikan kontribusi selanjutnya pada dunia pendidikan ilmu komunikasi di Indonesia,” kata Inco Hary Perdana selaku Ketua Pelaksana JNK 2020.

Sejak tahun 2015, ASPIKOM Korwil Jabodetabek telah menyelenggarakan Jambore Nasional Komunikasi (JNK) dengan tujuan memfasilitasi pengembangan keilmuan komunikasi pada berbagai macam kegiatan mulai dari seminar, workshop dan juga lomba dan kompetisi. Tahun ini, Jambore Nasional Komunikasi 2020 hadir dalam kondisi yang sangat berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya. JNK 2020 diselenggarakan pada masa prihatin yang disebabkan dunia tengah dilanda pandemi Covid-19.

Berikut nama dosen teladan JNK 2020

Kategori Penelitian:

Dr. Bertha Sri Eko Murtiningsih, M.Si

(Universitas Multimedia Nusantara)

Kategori Pendidikan dan Pengajaran

Drs. Dani Vardiansyah, M.Si

(Universitas Esa Unggul)

Kategori Pengabdian kepada Masyarakat:

Dwi Ajeng Widarini, M.I.Kom (Universitas Prof. Dr. Moestopo)

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA