Jumat 18 Dec 2020 15:20 WIB

Cegah Flu Burung, Korsel Musnahkan 6,1 Juta Unggas

Ssaat ini total ada temuan 18 kasus flu burung dari sejumlah peternakan.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ani Nursalikah
Cegah Flu Burung, Korsel Musnahkan 6,1 Juta Unggas. Ilustrasi flu burung.
Foto: Republika/Mardiah
Cegah Flu Burung, Korsel Musnahkan 6,1 Juta Unggas. Ilustrasi flu burung.

IHRAM.CO.ID, SEOUL -- Korea Selatan (Korsel) telah menyelesaikan pemusnahan 6,1 juta unggas di seluruh negeri untuk mengekang penyebaran flu burung yang sangat patogen di seantero negeri. Sampai saat ini total ada temuan 18 kasus flu burung dari sejumlah peternakan.

Dilansir dari kantor berita Bernama, Jumat (18/12), Kementerian Pertanian Korsel menyebut unggas yang dimusnahkan termasuk empat juta ayam dan 1,2 juta burung puyuh. Berdasarkan hukum setempat, unggas dalam radius tiga kilometer dari peternakan yang terinfeksi flu burung yang sangat patogen harus dimusnahkan. 

Baca Juga

Korsel telah melaporkan 18 kasus flu burung yang berasal dari peternakan sejak November. Virus ini terutama menyebar dengan cepat di Provinsi Jeolla Selatan, yang menimbulkan enam kasus. Empat kasus lainnya berasal dari Provinsi Jeolla Utara. 

Pihak berwenang setempat makin waspada karena virus tersebut diperkirakan akan menghantui peternakan unggas lokal. Apalagi dikabarkan migrasi burung akan terus menyebabkan burung terbang ke negara itu hingga awal tahun depan. 

Negeri Ginseng sudah melaporkan kasus flu burung yang sangat patogen pertama tahun ini dari burung liar pada akhir Oktober. Sebanyak 29 kasus dikonfirmasi dari habitat burung liar di seluruh negeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement