Jumat 18 Dec 2020 14:51 WIB

Anggota Kongres AS Masuk Gelombang Pertama Disuntik Vaksin

Tak hanya anggota kongres, staf penting lainnya di Capitol Hill juga akan divaksin.

 Ketua DPR AS Nancy Pelosi, D-Calif.
Foto: EPA-EFE/J. Scott Applewhite
Ketua DPR AS Nancy Pelosi, D-Calif.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON  -- Para anggota Kongres di AS akan mendapat vaksinasi Covid-19 dalam distribusi gelombang pertama, Dalam suratnya, dokter yang bertanggung jawab di Kongres, Brian Monahan mengatakan bahwa ia telah diberitahu oleh Dewan Keamanan Nasional di Gedung Putih bahwa Kongres akan disediakan sejumlah dosis vaksin Covid-19 demi memenuhi kebutuhan untuk terus melangsungkan operasional pemerintahan.

"Sejumlah kecil dosis vaksin Covid-19 itu mencerminkan adanya pembagian dalam pengiriman vaksin gelombang pertama yang disebarkan ke seluruh negeri," ujarnya.

Baca Juga

Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell dan Ketua Dewan Perwakilan Nancy Pelosi, dalam pernyataan terpisah, menyatakan bahwa mereka akan mendapat suntikan vaksin itu dalam beberapa hari ke depan."Rekomendasi saya untuk Anda tentu saja tegas, bahwa tidak ada alasan bagi Anda untuk menangguhkan vaksinasi ini. Manfaatnya jauh melebihi risiko kecil (yang dapat muncul)," tulis Monahan.

Monahan juga mengatakan bahwa setelah anggota Kongres divaksinasi, para staf di Capitol Hill yang dianggap esensial akan pula diberikan suntikan vaksin. Kemudian vaksin baru akan disediakan untuk staf lainnya hingga seluruh dosisnya habis.

AS mulai mengirimkan sebanyak 2,9 juta dosis vaksin buatan perusahaan dalam negeri Pfizer yang bekerja sama dengan perusahaan Jerman, BioNTech, pada Ahad (13/12) untuk disebar ke rumah sakit di negara itu.

sumber : Reuters/antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement