Jumat 18 Dec 2020 23:08 WIB

Apa Itu Search Engine Marketing?

Apa Itu Search Engine Marketing?

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Apa Itu Search Engine Marketing?. (FOTO: Unsplash/Rawpixel)
Apa Itu Search Engine Marketing?. (FOTO: Unsplash/Rawpixel)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Pemasaran mesin pencari atau Search Engine Marketing (SEM) adalah salah satu upaya paling efektif untuk mengembangkan bisnis Anda di pasar yang semakin kompetitif. Dengan jutaan bisnis di luar sana yang semuanya bersaing untuk mendapatkan pasar yang sama, menjadi penting bagi Anda untuk beriklan menggunakan platform digital, dan pemasaran mesin pencari adalah cara yang paling efektif untuk mempromosikan produk serta mengembangkan bisnis Anda.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari gambaran umum tentang dasar-dasar pemasaran mesin pencari (SEM) serta beberapa tip dan strategi untuk melakukan pemasaran mesin pencari dengan benar.

Baca Juga: Apa Itu Paid Marketing?

 

SEM, Sebuah Cara Dalam Digital Marketing

SEM, atau pemasaran mesin pencari, adalah sebuah cara menggunakan strategi berbayar untuk meningkatkan visibilitas pencarian. Di masa lalu, pemasaran mesin pencari adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pengoptimalan mesin pencari (SEO) dan pencarian berbayar. Tapi sekarang, definisi dari SEM hampir selalu mengacu pada pemasaran pencarian berbayar.

Dengan SEM, sebuah brand membayar agar iklan dapat muncul sebagai hasil pencarian di halaman hasil mesin pencari (SERP). Sebuah brand akan menggunakan kata kunci tertentu sehingga ketika pengguna sedang menelusuri istilah tersebut, mereka langsung dapat melihat iklan dari brand tersebut. Brand hanya dikenakan biaya jika pengguna mengklik iklan.

Iklan ini, atau yang sering dikenal dengan istilah iklan bayar per klik (PPC), hadir dalam berbagai format. Beberapa diantaranya merupakan iklan kecil berbasis teks, sedangkan bentuk yang lain, seperti iklan cantuman produk (PLA, juga dikenal sebagai iklan Shopping) adalah iklan berbasis produk yang lebih menekankan pada visual untuk membantu konsumen melihat informasi penting dalam sekejap, seperti harga dan ulasan produk.

Iklan pencarian berbayar dapat ditemukan di hampir setiap halaman hasil pencarian. Penempatan iklan berbayar ini biasanya terletak di bagian atas dan bawah halaman. Mereka menyertakan sebutan "Iklan" atau “Ads” untuk memberitahu pengguna bahwa ini adalah penempatan untuk iklan berbayar.

Kekuatan terbesar dari pemasaran mesin pencari ini adalah menawarkan kesempatan kepada pengiklan untuk menampilkan iklan mereka kepada pelanggan yang termotivasi dan siap untuk membeli pada saat yang tepat ketika mereka akan melakukan pembelian. Tidak ada media periklanan lain yang dapat melakukan ini, itulah sebabnya pemasaran mesin pencari sangat efektif dan cara yang sangat ampuh untuk mengembangkan bisnis Anda.

Perbedaan Antara SEM dan SEO

Umumnya, pemasaran mesin pencari mengacu pada pemasaran penelusuran berbayar, sebuah sistem dimana sebuah bisnis membayar Google untuk menampilkan iklan mereka di hasil penelusuran.

Hal ini berbeda dengan pengoptimalan mesin telusur, atau SEO, karena bisnis tersebut tidak membayar Google untuk mendapatkan trafik dan klik; melainkan mereka mendapatkan tempat gratis di hasil pencarian dengan memiliki konten yang paling relevan untuk pencarian kata kunci tertentu.

Baca Juga: Apa Itu Content Marketing?

Baik SEO dan SEM harus menjadi bagian fundamental dari strategi digital marketing Anda. SEO adalah cara ampuh untuk mengarahkan trafik yang selalu menarik perhatian di bagian atas corong, sedangkan iklan mesin pencari adalah cara yang sangat hemat biaya untuk mendorong konversi di bagian bawah corong.

Manfaat SEM (Pemasaran Mesin Pencari)

1. Memberi Brand Awareness Secara Instan di Mesin Pencari

Keberhasilan dari penggunaan SEO dan media sosial yang tidak berbayar membutuhkan waktu yang cukup lama. Google mengatakan perlu waktu hingga satu tahun bagi situs web yang berkualitas untuk mendapatkan peringkat yang baik di hasil pencarian. Selain itu, kemampuan Anda untuk melakukan SEO tergantung pada strategi yang diterapkan.

Sebaliknya, SEM menempatkan Anda di bagian atas atau bawah halaman pertama. Bisnis yang belum memiliki visibilitas atau brand awareness saat ini bisa langsung mendapatkan perhatian dari pengguna. Jika Anda bisa memiliki sistem yang tepat untuk mengubah visibilitas ini menjadi pelanggan yang akan melakukan transaksi, hal itu berdampak besar pada pendapatan bisnis Anda.

2. Dapat Menghasilkan Pendapatan Dengan Cepat

Dengan menggunakan teks iklan dan strategi yang tepat, Anda dapat mendapatkan transaksi di hari yang sama. Sangat mudah untuk memulainya dengan menggunakan iklan online. Namun, hal itu membutuhkan pemeliharaan dan startegi yang baik untuk mendapatkan ROI SEM yang tepat.

3. Menumbuhkan Bisnis Anda

Apa itu SEM? Ini sangat skalabel. Mudah untuk memulai dari hal yang kecil, uji semua cara, dan lihat cara apa yang berhasil. Pertahankan biaya rendah jika Anda memiliki anggaran yang sangat terbatas.

Disaat pendapatan sudah mulai naik berkat SEM, tingkatkan jumlah iklan. Hapus iklan yang tidak berfungsi. Sempurnakan kampanye Anda, dan tingkatkan belanja iklan harian Anda. Di Google Ads dan sebagian besar platform PPC lainnya, Anda dapat menetapkan anggaran harian dengan harga yang rendah. 

Baca Juga: Apa Itu Organic Marketing?

4. Menjangkau Pelanggan di Tempat & Waktu yang Tepat

Hampir setengah dari populasi dunia sekarang menggunakan internet. Lebih dari 93% pengalaman online pengguna dimulai dengan mesin pencari. Mesin pencari mengarahkan lebih banyak trafik ke situs web daripada sumber lainnya.

Mendapatkan visibilitas dalam hasil pencarian berarti bisnis Anda berada di tempat pelanggan tersebut berada. Hal ini juga merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan trafik situs web Anda dan mendapatkan pelanggan baru.

Orang-orang menggunakan mesin pencari karena mereka ingin mencari sesuatu. Menjadi orang yang menyampaikan hal yang sedang dicari membantu Anda membangun kepercayaan dengan pelanggan. Meskipun klik yang didapatkan tidak menghasilkan penjualan langsung, namun ini adalah titik kontak yang melanjutkan perjalanan pengguna tersebut untuk menjadi pelanggan yang akan membayar nantinya.

5. Memperkuat Pengakuan Nama Brand

Saat Anda mendapatkan pelanggan baru, Anda mungkin mengira orang itu baru saja menemukan Anda dan melakukan pembelian. Tetapi kemungkinan besar perjalanan pembelian tersebut dimulai dalam beberapa hari, minggu, atau bahkan bulan yang lalu. Cara Anda secara konsisten dan berulang kali dalam mempresentasikan merek Anda dalam kurun waktu tertentu telah membantu mengubah prospek menjadi pelanggan yang membayar.

Para ahli memperkirakan bahwa dibutuhkan 7-13 titik kontak dengan bisnis sebelum seseorang berkonversi atau melakukan transaksi. Setiap kali mereka melihat bisnis Anda di media sosial, penelusuran, di situs web, dan di email mereka, Anda memperkuat pengenalan nama brand dengan individu tersebut.

Pengakuan akan berubah menjadi keakraban. Orang-orang cenderung akan melihat brand yang mereka kenal dibandingkan brand yang tidak mereka kenal. Kebanyakan orang lebih suka membeli sebuah brand yang mereka kenal daripada brand yang masih asing.

Baca Juga: Apa Itu Due Diligence?

Untuk itu SEM sebagai cara yang bagus untuk meningkatkan pengakuan merek di mesin pencarian seperti Google, tempat setiap orang memulai perjalanannya disaat menggunakan internet.

Ragam Platform SEM

Platform SEM adalah sebuah mesin pencari tempat suatu brand dapat menempatkan iklan pencarian mereka untuk ditampilkan saat pengguna melakukan pencarian. Platform SEM yang paling umum adalah Google dan Bing.

• Google Ads adalah platform SEM yang paling banyak digunakan. Miliaran pencarian Google dilakukan setiap harinya, sehingga dapat membantu Anda untuk dapat tampil di hadapan audiens online.

• Bing Ads mengklaim terhubung dengan 3 juta penelusur yang tidak dapat dijangkau Google. Dengan menampilkan iklan di situs mitra seperti Yahoo dan MSN, Bing Ads membantu Anda untuk terhubung dengan pencari yang tidak secara eksklusif menggunakan Google untuk pencarian.

Jenis Kata Kunci SEM

Kata kunci SEM adalah istilah dan frase yang Anda targetkan dalam kampanye pemasaran mesin pencari Anda. Saat pengguna menelusuri kata kunci tersebut, mereka dapat melihat iklan Anda. Misalnya, jika kampanye Anda menargetkan istilah "asisten virtual", iklan Anda mungkin akan ditampilkan saat pengguna menelusuri frasa tersebut.

Saat Anda menyiapkan kampanye SEM, Anda dapat memilih kata kunci yang ingin Anda targetkan atau yang Anda hindari. Ada empat jenis kata kunci yang dapat Anda gunakan dalam kampanye SEM Anda, yaitu:

1. Broad match keywords. Kata kunci ini secara luas menargetkan variasi istilah. Kata kunci ini mencakup frasa yang serupa, bentuk tunggal atau jamak, salah eja, bentuk dasar, atau sinonim dari istilah target tersebut. Misalnya, saat menargetkan kata kunci “asisten virtual”, kampanye ini juga dapat menargetkan kata kunci “asisten virtual”, “asisten online”, dan “tim virtual”.

2. Phrase match keywords. Kata kunci ini menargetkan frasa yang tepat, ditambah frasa apapun yang memiliki kata-kata yang muncul sebelum atau sesudah kata kunci target. Misalnya, saat menargetkan kata kunci “asisten virtual” kata kunci pencocokan frasa, kampanye juga dapat menargetkan asisten virtual terbaik, menemukan asisten virtual, dan menyewa asisten virtual.

Baca Juga: Apa Itu Homepage SEO?

3. Exact match keywords. Kata kunci ini dengan tepat dapat menargetkan kata yang sangat erat kaitannya dengan istilah yang sudah ditargetkan. Kata kunci ini sudah mencangkup salah eja, bentuk tunggal atau jamak, bentuk dasar, singkatan, kata yang disusun ulang, parafrasa, atau kata yang berkaitan erat dengan maksud penelusuran yang sama dari istilah pencocokan secara tepat. Misalnya, saat ingin menargetkan kata kunci “asisten virtual”, kampanye tersebut juga dapat menargetkan kata “asisten virtual”, “bantuan virtual”, dan “asisten virtual” (jamak).

4. Negative keywords. Kata kunci ini mengecualikan istilah yang tidak ingin Anda targetkan. Kata kunci negatif adalah variasi dari kata kunci broad match, phrase match , dan exact match yang tidak ingin Anda gunakan dalam kampanye pemasaran digital Anda. Istilah ini mungkin secara semantik berkaitan dengan kata kunci Anda, tetapi tidak berkaitan dengan maksud penelusuran dari istilah target, kampanye, atau teks iklan Anda. Contoh kata kunci negatif untuk istilah target kata kunci “asisten virtual” dapat mencakup “gaji asisten virtual” atau “pelatihan asisten virtual”. Jika iklan mencoba menargetkan perusahaan yang ingin menyewa asisten virtual, maksud istilah tersebut tidak akan relevan; oleh karena itu, kata kunci ini harus dipisahkan dari penggunaan kata kunci Anda.

Bagaimana Cara Meningkatkan Keberhasilan SEM?

Membuat kampanye SEM yang efektif membutuhkan penelitian dan strategi yang matang sebelum Anda menyiapkan kampanye, serta setelah kampanye Anda sudah berjalan.

Taktik berikut dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan kampanye SEM sehingga Anda bisa menjangkau lebih banyak orang, memaksimalkan anggaran, dan mendorong lebih banyak konversi.

1. Lakukan Riset Kata Kunci

Salah satu kunci terbesar kesuksesan SEM adalah memilih kata kunci terbaik untuk ditargetkan. Lakukan penelitian kata kunci dan temukan istilah yang berkaitan dengan hal berikut:

• Sedang digunakan oleh target audiens Anda. Urutkan hasil tersebut berdasarkan popularitas kata kunci untuk mengidentifikasi frasa teratas yang sering dicari audiens Anda. Gunakan alat bantu seperti Alexa Keyword Difficulty Tool untuk menemukan frasa paling populer yang berkaitan dengan bisnis dan industri Anda.

• Bekerja dengan baik terhadap penjualan Anda. Identifikasi kata kunci yang berdampak pada pembelian dengan konversi tinggi yang menargetkan prospek di dekat bagian bawah corong pembelian. Gunakan filter kata kunci pembeli di Matriks Alexa Competitor Keyword Matrix untuk mengidentifikasi istilah penelusuran dengan niat membeli paling tinggi yang sudah mengarahkan trafik ke pesaing bisnis Anda.

• Sesuaikan dengan anggaran Anda. Pertimbangkan ROI yang ingin Anda terima dari kampanye SEM Anda dan pilih kata kunci dengan biaya per klik yang akan menghasilkan ROI positif.

2. Buat Iklan yang Menarik

Agar kampanye SEM menjadi lebih efektif, Anda perlu memaksa pencari untuk mengklik iklan tersebut. Agar lebih banyak pengguna yang mengklik hasil pencarian Anda, gunakan tips berikut saat membuat iklan:

• Gunakan kata kunci dalam teks iklan Anda.

• Komunikasikan dengan jelas kepada pembaca manfaat atau solusi yang Anda tawarkan.

• Cantumkan harga dan promosi jika relevan.

• Sertakan ajakan untuk bertindak yang jelas.

• Manfaatkan ekstensi iklan.

3. Tingkatkan Skor Kualitas Anda

Skor kualitas yang tinggi membantu iklan SEM Anda untuk tampil lebih sering dengan biaya yang lebih rendah. Anda perlu meningkatkan skor kualitas Anda dengan memasukkan kata kunci target di salinan iklan dan landing page yang dituju. Ini memungkinkan platform SEM mengetahui bahwa iklan dan URL yang dituju selaras dengan maksud penelusur, yang mengarah ke arah skor yang lebih tinggi.

4. Optimalkan Kampanye yang Ada

Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari strategi SEM Anda, Anda juga perlu mempelajari cara meningkatkan kampanye SEM setelah diluncurkan.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, terus optimalkan kampanye setelah mulai berjalan.

• Tambahkan kata kunci sekunder. Anda mungkin melewatkan kata kunci saat pertama kali membuat kampanye Anda. Tinjau kembali kampanye tersebut dan tambahkan kata kunci yang mungkin belum Anda gunakan.

• Buat kata kunci. Tinjau kampanye Anda dan hapus kata kunci yang menarik jenis trafik yang salah. Buat istilah atau kata kunci dengan kinerja rendah atau yang tidak relevan sebagai kata kunci negatif.

• Manfaatkan pengujian A / B. Salah satu manfaat SEM adalah Anda bisa mendapatkan feedback lebih cepat tentang apa yang saja yang sudah berhasil. Gunakan pengujian A / B untuk membuat variasi yang berbeda dari strategi iklan Anda. Tinjau kembali apa yang sudah berhasil dan sesuaikan kampanye Anda untuk menemukan kombinasi sesuatu berkinerja tertinggi dari penargetan, teks iklan, kata kunci, dan landing pages.

SEM atau pemasaran mesin pencari adalah bentuk iklan yang menargetkan pengguna saat mereka sedang menelusuri sesuatu di mesin telusur seperti Google. Ini adalah cara yang efektif untuk menargetkan calon pelanggan dan memandu mereka ke situs web Anda. Karena SEM sangat skalabel, SEM selalu menjadi cara yang sempurna untuk bisnis kecil. Cara ini tumbuh seiring bisnis Anda tumbuh.

Namun Anda dapat menghabiskan terlalu banyak uang di SEM jika Anda tidak menetapkan sasaran dan anggaran. Anda akan dikenakan biaya lebih banyak jika Anda tidak terus meningkatkan skor kualitas.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement