Jumat 18 Dec 2020 08:21 WIB

Pemain Berdarah Kanada Lengkapi Skuad Timnas U-16

Victor Jonson Benjamin Dethan asli Kupang NTT, tapi memiliki ibu asal Kanada.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Pemain timnas U-16 Victor Jonson Benjamin Dethan.
Foto: DOK PSSI
Pemain timnas U-16 Victor Jonson Benjamin Dethan.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Tim nasional Indonesia U-16 kedatangan satu pemain baru untuk melengkapi 26 pemain yang dipanggil oleh pelatih Bima Sakti. Pemain akademi PSM Makassar keturunan Kanada, Victor Jonson Benjamin Dethan, resmi dipanggil.

Victor mengaku senang ikut latihan bersama 25 rekannnya yang lain, serta dilatih oleh legenda hidup sepak bola Indonesia seperti Bima Sakti. Victor sebenarnya sudah mendapat panggilan timnas Indonesia U-16 pada Januari lalu. Sayang, saat itu ia tidak bisa bergabung karena cedera.

Baca Juga

"Ayah saya asli Kupang, NTT, sedangkan Ibu saya berasal dari Kanada. Saya lahir di Kupang, dan tinggal di Malang,” katanya dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (17/12).

Bicara mengenai timnas U-16, menurutnya skuad Garuda Muda merupakan rumah kedua bagi Victor setelah PSM Makassar. 

“Saya nyaman berada disini, ini merupakan rumah kedua bagi saya di sepak bola, tentu setelah klub saya. Semua di sini menyambut saya dengan tangan terbuka dan diperlakukan sama seperti yang lain,” ujarnya.

Di satu sisi, Victor merasa porsi latihan di timnas jauh lebih berat dibandingkan klub. Meski intensitasnya lebih tinggi, ia tidak merasa kewalahan mengikuti setiap rangkaian programnya.

"Tentu dengan kerja keras, saya akan memberikan segenap kemampuan sepak bola saya di tim ini, dan berharap bisa terus dipanggil dan masuk memperkuat tim untuk membela Indonesia di turnamen mendatang,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement