Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Seperti Apakah Gambaran Keindahan Fisik Rasulullah?

Jumat 18 Dec 2020 06:37 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Rasulullah SAW adalah manusia dengan bentuk fisik yang sempurna. Ilustrasi Nabi Muhammad SAW

Rasulullah SAW adalah manusia dengan bentuk fisik yang sempurna. Ilustrasi Nabi Muhammad SAW

Foto: MGROL100
Rasulullah SAW adalah manusia dengan bentuk fisik yang sempurna

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Umat Islam pasti banyak yang ingin mengetahui keindahan fisik Rasulullah SAW. Mengenali bentuk fisik Nabi Muhammad adalah sesuatu yang sangat dicari setiap orang, meskipun umat Islam dilarang untuk menggambar sosok beliau.

Dikutip dari buku “Menjadi Sahabat Nabi Muhammad di Abad 21”, Nabi Muhammad adalah sosok manusia yang segala kebaikan, keutamaan, kesempurnaan fitrah dan akhlak berkumpul padanya. Syekh Abdullah Sirajuddin pernah berkata:

Baca Juga

“Sesungguhnya mempelajari keagungan sifat Rasulullah dan kemuliaan karakter beliau bisa memberi deskripsi tentang bentuk fisik nabi Muhammad. Deskripsi tersebut tertancap dalam hati dan terbayang dalam angan-angan seakan-akan benar-benar melihat sosok yang dicintai.”

Oleh karena itu, Nabi Muhammad SAW selalu menuturkan kepada para sahabatnya tentang sifat-sifat utama para Rasul sebelumnya. Nabi berupaya untuk mendekatkan mereka kepada kehidupan para rasul sebelumnya dengan cara membuat penyerupaan, sehingga pada waktu itu, para sahabat dibuat seakan-akan melihat mereka.

“Itulah jalan terbaik untuk memperkenalkan para rasul sebelumnya, dan merupakan cara terbaik agar mereka mencintai para rasul,” kata penulis buku Menjadi Sahabat Nabi Muhammad di Abad 21, Muhammad Al-Khaimi.

Berdasarkan beberapa hadits yang mensifati bentuk fisik Nabi Muhammad SAW, dalam bukunya ini Muhammad Al-Khaimi menyimpulkan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah pria berpostur sedang, berkulit putih agak kemerah-merahan.

Sedangkan rambut beliau hitam, tidak lurus, dan tidak juga keriting. Rambut beliau terurai hingga ke daun telinga, dan jika rambut beliau panjang, ia tergerai dari bagian tengah kepala hingga kepundak beliau. Kala tak panjang, ia hanya menggantung di antara pundak dan kepada beliau.

Kemudian, jidat beliau lebar. Bulu-bulu alis beliau lembut, dan antara alis yang satu dengan yang lainnya tidak menyambung. Di antara keduanya ada garis urat. Sedangkan kedua mata nabi hitam, dan bulu matanya panjang. Hidung beliau lurus, tidak besar dan juga tidak berlekuk.

Mulut beliau tidak begitu kecil. Gigi beliau tertata rapi dan bersih, karena sering digosok dengan siwak. Ketika beliau tersenyum tampaklah gigi-giginya laksana butiran-butiran mutiara.  Sementara, jenggot beliau hitam, tebal, dan panjang serta melingkar.

Selain itu, Rasulullah juga memiliki badan yang berisi, tidak kurus, dan perut beliau tidak membuncit. Akan tetapi dada beliau rata dengan perutnya. Dada dan punggung beliau bidang, dan di bagian sudut-sudutnya terlihat agak menonjol  yang memberi kesan kuat, keras, dan simetris.

Ketika bagian dada dan perut Nabi tersingkap, terlihat kulit beliau berwarna putih mengkilap. Di dada bagian atasnya (bukan di bagian tengah dada) dan perutnya ada sedikit bulu-bulu lembut. Selain itu, di bagian dua pundak beliau juga tumbuh bulu-bulu dan ada sedikit bulu lembut yang tumbuh tegak lurus serta menyambung dari bagian atas dadanya hingga ke pusarnya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA