Jumat 18 Dec 2020 05:55 WIB

Klopp tak Menduga Jadi Pelatih Terbaik Pria FIFA 2020

Klopp mengalahkan Marcelo Bielsa dan Hansi Flick.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp.
Foto: EPA-EFE/Paul Ellis
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengaku terkejut setelah ia dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik Pria FIFA 2020. Klopp dinobatkan sebagai pemenang penghargaan tersebut, mengalahkan Marcelo Bielsa dari Leeds United dan bos Bayern Muenchen Hansi Flick. Ini merupakan tahun kedua berturut-turut pelatih asal Jerman mendapatkan penghargaan serupa.

"Saya terkejut, saya hanya duduk di sini karena saya pikir saya sudah memenangkannya tahun lalu dan saya berusaha menunjukkan rasa hormat kepada semua orang. Terima kasih banyak, wow," kata Klopp, dikutip dari Liverpool Echo, Jumat (18/12).

Baca Juga

Ia merasa harus mengucapkan terima kasih ke begitu banyak orang, terutama kepada seluruh staf kepelatihannya. Klopp mengatakan, andai ia tahu memenangkan penghargaan ini, ia akan mengajak para asistennya duduk bersama. Sebab tanpa bantuan mereka, Klopp mengaku tak bisa menghasilkan prestasi bersama Liverpool sejauh ini.

"Jadi saya harus berterima kasih kepada Pep Linders, Pete Krawietz, John Achterberg, Vitor Matos dan Jack Robinson, karena apa yang kami lakukan dalam beberapa tahun terakhir benar-benar istimewa dan semuanya tentang anak-anak ini. Itu sangat menyenangkan," kata Klopp.

Ketika ditanya apakah dia sedang membangun warisan di Anfield, Klopp mengatakan dia tidak yakin. Namun dia senang bisa membuat para penggemar The Reds tersenyum setelah tiga dekade tak pernah memenangkan gelar juara liga.

"Saya tidak tahu apa yang sedang kami bangun tapi saya tahu rasanya sangat menyenangkan. Kami tidak bermimpi selama 30 tahun tetapi kami sudah bermimpi selama beberapa tahun dan apa yang terjadi musim panas lalu benar-benar luar biasa," katanya.

Menurut Klopp, Liverpool menjalani tahun yang sangat istimewa. Sayangnya, kebahagiaan itu diganggu oleh pandemi Covid-19. Namun Klopp bersyukur setidaknya penggemar Liverpool mendapatkan kegembiraan dalam periode yang sulit. 

Bagi saya, itu hebat dan terasa sangat luar biasa. Saya tidak akan melewatkan trofi Liga Champions (tahun sebelumnya) juga, jadi keduanya bagus," kata Klopp.

Keberhasilan Klopp diikuti empat pemainnya yang masuk dalam Tim Terbaik Pria FIFA 2020. Mereka yakni, Alisson, Trent ALexander-Arnold, Virgil van Dijk, dan Thiago. Namun terpilihnya Thiago sebagian karena kontribusinya bersama Bayern Muenchen yang meraih treble winners sebelum pindah ke Liverpool pada musim panas lalu.

Tim Terbaik Pria FIFA 2020 

Kiper: Alisson (Liverpool)

Bek: Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Virgil van Dijk (Liverpool), Sergio Ramos (Real Madrid), Alphonso Davies (Bayern Muenchen).

Gelandang: Joshua Kimmich (Bayern Muenchen), Kevin de Bruyne (Manchester City), Thiago (Liverpool).

Penyerang: Lionel Messi (Barcelona), Robert Lewandowski (Bayern Muenchen), Cristiano Ronaldo (Juventus).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement