Kamis 17 Dec 2020 22:48 WIB

Tulungagung Tutup Semua Objek Wisata Saat Libur Akhir Tahun

Penutupan objek wisata Tulungagung berlaku mulai, Sabtu (19/12).

Foto: wisata Nakula Park, Desa Kendalbulur, Tulungagung, Jawa Timur
Foto: ANTARA/Destyan Sujarwoko
Foto: wisata Nakula Park, Desa Kendalbulur, Tulungagung, Jawa Timur

REPUBLIKA.CO.ID, TULUNGAGUNG -- Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, melarang operasional seluruh objek wisata jelang libur akhir tahun. Hal ini demi mengantisipasi melonjaknya angka positif Covid-19.

"Kebijakan ini terpaksa kami tempuh sebagai upaya mengantisipasi penyebaran COVID-19 saat libur panjang akhir tahun ini (2020)," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tulungagung, Galih Nusantoro, di Tulungagung, Kamis (17/12).

Baca Juga

Objek wisata yang ditutup berlaku untuk wisata alam, termasuk juga wisata desa yang akhir-akhir ini marak bermunculan dengan konsep wahana untuk swafoto. Penutupan tempat wisata rencananya diberlakukan efektif mulai Sabtu (19/12) hingga waktu yang belum ditentukan.

"Rata-rata tempat wisata yang ditutup berada di selatan Tulungagung," katanya.

Saat ini dari peta sebaran kasus baru COVID-19 terbanyak terjadi di wilayah selatan Tulungagung. Bahkan, dalam beberapa waktu terakhir, jumlah kematian akibat COVID-19 berasal dari wilayah selatan Tulungagung.

“Ini keadaan darurat, jadi semua harus patuh,” katanya.

Dasar pengambilan keputusan ini merupakan hasil evaluasi dari libur panjang Maulid Nabi pada awal November 2020. Pasalnya, dari data yang disampaikan oleh Satgas Provinsi Jatim, lonjakan kasus COVID-19 di seluruh Jatim meningkat drastis.

Menurut Galih, kebijakan tersebut dituangkan dalam surat edaran yang akan segera diterbitkan Pemkab Tulungagung kepada semua pengelola objek wisata di daerah itu, tanpa terkecuali.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement