Rabu 16 Dec 2020 17:12 WIB

Telkomsel Tambah Kapasitas Jaringan di Kabupaten Puncak

BTS tersebut juga didukung dengan jaringan broadband berteknologi terdepan 4G LTE

Telkomsel berupaya untuk memastikan pemerataan ketersediaan akses broadband di seluruh penjuru negeri yang mampu memberdayakan masyarakat dalam menjalani kegiatan sehari-hari.
Foto: Telkomsel
Telkomsel berupaya untuk memastikan pemerataan ketersediaan akses broadband di seluruh penjuru negeri yang mampu memberdayakan masyarakat dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Telkomsel Berkolaborasi dengan Telkom Grup dan Kemenkominfo, dalam hal ini PT Palapa Timur Telematika, melakukan penambahan kapasitas jaringan di Kabupaten Puncak, Papua, sebagai komitmen terus bergerak maju dengan menyediakan layanan berkualitas hingga ke pelosok Indonesia. Palapa Ring Timur (PRT) sudah terkoneksi dengan Base Transceiver Station (BTS) milik Telkomsel yang berada di Kabupaten Puncak.

Manager Network Service Timika Petrus DN Febrianto di Jayapura, Rabu (16/12), mengucapkan terima kasih atas kolaborasi yang dijalin dengan berbagai pihak guna mewujudkan integrasi PRT di Kabupaten Puncak. "Kami mengucapkan terima kasih atas peran serta dan dukungan penuh dari berbagai pihak, di antaranya Pemerintah Kabupaten Puncak, Dinas Kominfo Kabupaten Puncak, Kementerian Komunikasi & Informatika (Kemenkominfo), PT Palapa Timur Telematika, dan juga Telkom Grup. Sejak terintegrasi dengan PRT, kami mencatat terjadi peningkatan trafik layanan data setiap harinya yang cukup signifikan," kata Petrus.

Sebelumnya, BTS Telkomsel yang beroperasi di Kabupaten Puncak masih menggunakan koneksi satelit atau IDR yang memiliki keterbatasan kapasitas. Dengan adanya pengintegrasian antara BTS Telkomsel dengan PRT, kapasitas jaringan dapat ditingkatkan dari 6Mbps menjadi 100 Mbps.

BTS tersebut juga didukung dengan jaringan broadband berteknologi terdepan 4G LTE dan langsung mendapat sambutan apresiasi dari masyarakat di Kabupaten Puncak. Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Puncak Herman Ricky Siwi ketika dihubungi menyampaikan apresiasi mengenai kondisi jaringan di wilayah Kabupaten Puncak.

"Sejak 10 Desember 2020 masyarakat Puncak di Ilaga ibukota kabupaten, sudah dapat menikmati jaringan 4G dan telepon melalui aplikasi WhatsApp. Bahkan di grup-grup kami sudah ramai dengan status jaringan 4G. Masyarakat yang ada di Ilaga dan sekitarnya sangat bersyukur atas kemajuan dan peningkatan status jaringan Telkomsel dari 2G ke 4G,"ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement