Jumat 18 Dec 2020 02:03 WIB

KTM Lanjutkan Kerja Sama dengan Dani Pedrosa dan Kallio

Pedrosa baru bergabung bersama KTM Factory Racing pada 2019.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Dani Pedrosa (kanan) bersama seorang teknisi KTM.
Foto: EPA-EFE/ROMAN RIOS
Dani Pedrosa (kanan) bersama seorang teknisi KTM.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- KTM Factory Racing sepakat meneruskan kerja samanya dengan Dani Pedrosa dan Mika Kallio. Dua mantan pembalap MotoGP itu akan kembali melakoni peran sebagai test rider dan memberi masukan dalam pengembangan motor RC16 sebagai persiapan KTM Factory Racing dalam menyongsong MotoGP musim 2021.

Berbeda dari Kallio, yang telah bergabung bersama tim pabrikan asal Austria tersebut sejak 2016, Pedrosa baru bergabung bersama KTM Factory Racing pada 2019. Kepindahan pembalap asal Spanyol itu sempat memicu kontroversi lantaran Pedrosa dianggap sudah begitu lekat dengan tim pabrikan Honda.

Sejak berkiprah di kelas 125 cc, Pedrosa memang memperkuat tim-tim milik pabrikan asal Jepang tersebut. Sebelum akhirnya memtuskan mundur pada 2018, Pedrosa sempat membela tim Repsol Honda selama 12 tahun.

Kini, Pedrosa memperkuat KTM Factory Racing. Masukan Pedrosa terhadap pengembangan motor RC16 itu dianggap berperan penting dalam kiprah apik KTM Factory Racing pada musim 2020, yang mampu meraih tiga kemenangan seri MotoGP dan delapan kali podium.

Tidak hanya itu, pembalap Red Bull KTM Factory Racing juga berhasil finis di peringkat kelima klasemen akhir pembalap musim 2020. Pedrosa pun cukup antusias untuk melanjutkan kiprahnya bersama KTM Factory Racing.

''KTM memiliki tekad dan ambisi untuk terus meraih kesuksesan dan meningkatkan performa. Saya begitu senang bisa melanjutkan kerja sama ini dan membantu para pembalap mereka untuk mengejar target yang lebih tinggi. Terima kasih atas kepercayaannya kepada saya,'' ujar Pedrosa seperti dilansir Crash, Kamis (17/12).

Sementara, Mika Kallio mengaku sudah tidak sabar untuk menatap musim 2021 bersama KTM Factory Racing. Berbeda dari Pedrosa, yang menolak bergabung sebagai pembalap pengganti, Kallio juga ditunjuk sebagai pembalap pengganti tim KTM Factory Racing.

Pembalap asal Finlandia itu pun sempat menjadi pengganti Iker Lecuona di tim Red Bull KTM Factory Racing Tech 3 pada tiga seri terakhir musim ini.

''Lima tahun telah berlalu sejak saya bergabung bersama tim ini. Sangat menyenangkan melihat perkembangan positif dari motor RC16, terutama pada sepanjang 2020 dengan sejumlah kemenangan dan podium. Hasil pada 2020 menjadi motivasi besar buat kami pada musim depan. Saya rasa, kami memiliki modal yang cukup untuk bisa bersaing dengan tim-tim papan atas,'' jelas Kallio.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement