Jumat 18 Dec 2020 06:08 WIB

Tim Robot SuryaMu UMS dapat Penghargaan dari PP Muhammadiyah

Penghargaan tersebut diberikan kepada beberapa lembaga maupun perorangan di Indonesia

Rep: binti sholikah/ Red: Hiru Muhammad
Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyerahkan piagam penghargaan Bakti Untuk Negeri dalam rangka Milad ke-108 Muhammadiyah kepada Tim Robot  SuryaMu Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).
Foto: humas ums
Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyerahkan piagam penghargaan Bakti Untuk Negeri dalam rangka Milad ke-108 Muhammadiyah kepada Tim Robot  SuryaMu Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKOHARJO--Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyerahkan piagam penghargaan Bakti Untuk Negeri dalam rangka Milad ke-108 Muhammadiyah kepada Tim Robot  SuryaMu Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Selain itu, piagam penghargaan juga diberikan kepada RS PKU Muhammadiyah Solo dan keluarga almarhum Maulana Malik Hidayatullah, perawat RS PKU Muhammadiyah Solo yang meninggal karena memerangi pandemi Covid-19.

Ketiga penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua PP Muhammadiyah Dahlan Rais, serta Bendahara PP Muhammadiyah Marpuji Ali, dan wakil rektor bidang akademik Muhammad Da'i di Gedung Induk Siti Walidah kantor pusat UMS, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Dahlan Rais menyebutkan, penghargaan tersebut diberikan kepada beberapa lembaga maupun perorangan di seluruh Indonesia. Sebelumnya, penerima penghargaan telah diumumkan saat resepsi Milad ke-108 Muhammadiyah pada 18 November 2020 kemarin.

"Ini sebagai ucapan terima kasih dari Muhammadiyah. Muhammadiyah merasa berhutang budi dan menghargai pengorbanan dan prestasi yang telah diberikan untuk negeri ini. Ini untuk memelihara semangat berbuat baik," terang Dahlan Rais, seperti tertulis dalam siaran pers, Kamis (Kamis 17/12).

Dahlan menyatakan, mereka yang mendapat penghargaan tersebut telah berkhidmat di Muhammadiyah dan telah menebarkan manfaat kepada banyak orang. Menurutnya, kebermanfaatan itulah yang membuat Muhammadiyah masih eksis hingga usia 108 tahun. "Seperti penggalan ayat yang ada di Alquran, Adapun sesuatu yang tidak bermanfaat akan mudah lenyap, adapun sesuatu yang memberikan manfaat bagi manusia, akan tetap ada di muka bumi," jelasnya.

Lebih lanjut, Dahlan Rais menyampaikan, selama ini Muhammadiyah selalu menolong siapa saja tanpa pandang bulu. Misi kemanusiaan Muhammadiyah juga terbukti nyata dalam ikut memerangi pandemi Covid-19.

"Memberikan manfaat ini mungkin yang menjadi alasan kenapa Muhammadiyah masih tetap eksis di umur yang ke-108. Seperti penangan Covid-19 Muhammadiyah tidak pernah pandang bulu. Kepada siapa saja, semata-mata hanya untuk kemanusiaan," tegas Dahlan.

Ketiga penerima penghargaan dianggap telah memberikan baktinya untuk negeri. Termasuk tim robot UMS yang berhasil menciptakan sebuah robot untuk merawat pasien Covid-19. Robot "SuryaMu" diluncurkan oleh Rektor UMS, Sofyan Anif pada 10 Oktober 2020. Kemudian, Robot karya anak bangsa tersebut disumbangkan kepada RS PKU Muhammadiyah Solo untuk digunakan sebagaimana fungsinya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement