Kamis 17 Dec 2020 19:12 WIB

Ingin Beralih pada Makanan Nabati? Pahami Dulu Hal Ini

Pasar pangan nabati global diperkirakan mencapai 38,4 miliar dolar AS pada 2025.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Burger Impossible Food yang terbuat dari bahan nabati.
Foto: AP
Burger Impossible Food yang terbuat dari bahan nabati.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Banyak orang berupaya mengubah pola makan mereka menjadi lebih sehat atau dengan cara yang lebih ramah lingkungan. Mereka mungkin memilih mengonsumsi lebih sedikit daging, gula, atau bahkan mengadopsi pola makan vegan sepenuhnya.

Ahli biokimia Amerika Thomas Colin Campbell memperkenalkan istilah 'nabati' pada 1980-an untuk menjelaskan penelitiannya tentang diet dan nutrisi dengan lebih baik. Istilah ini melonjak popularitasnya pada 2016 ketika buku Campbell, The China Study, dicetak ulang dan produk daging alternatif seperti Beyond Burger dan Impossible Burger diluncurkan.

Sejak itu, makanan nabati telah menggemparkan dunia. Mereka ada di mana-mana, rantai makanan cepat saji, menu restoran, toko grosir, media sosial, blog makanan, dan di piring Anda. Pasar pangan nabati global diperkirakan akan mencapai 38,4 miliar dolar AS pada 2025. Di Amerika Serikat (AS) saja, jumlah produk nabati yang tersedia meningkat 29 persen antara 2017 dan 2019.

Sebagai asisten peneliti di Pusat Inovasi Kuliner, saya bekerja dengan industri untuk mengembangkan produk makanan baru. Meskipun pekerjaan pusat tidak terbatas pada makanan nabati, tim kami berfokus pada penelitian, pemahaman, percobaan, dan pembuatan yang baru.

Pesatnya pertumbuhan pangan nabati disebabkan oleh beberapa faktor. Alasan paling umum yang diberikan orang di Eropa, AS, dan Kanada untuk makan makanan nabati adalah manfaat kesehatan, rasa ingin tahu untuk mencoba makanan baru, masalah lingkungan, dan kesejahteraan hewan.

Jika Anda berpikir untuk beralih ke pola makan nabati, berikut enam hal yang harus Anda ketahui tentang makanan nabati, seperti dilansir di laman The Conversation, Rabu (17/12) waktu setempat.

1. Pahami apa arti nabati

Menurut Asosiasi Makanan Nabati, produk nabati terdiri dari bahan yang berasal dari tumbuhan, antara lain sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, atau polong-polongan. Produk akhir secara langsung menggantikan produk hewani.

Dengan definisi ini, keju yang dibuat dari sumber nabati dapat disebut nabati, tetapi tepung atau roti tidak bisa. Jika produk akhir hanya menggantikan sebagian produk hewani, maka produk tersebut harus diberi label sebagai campuran.

2. Pola makan nabati mungkin bukan vegan atau vegetarian

Istilah vegan dan nabati telah lama digunakan secara bergantian. Tetapi mengikuti pola makan nabati tidak selalu berarti Anda vegan atau vegetarian. Ini berarti Anda secara sadar memilih untuk makan lebih banyak dari tumbuhan, tetapi Anda mungkin masih makan daging, ikan, telur, atau produk hewani lainnya.

Faktanya, produsen makanan nabati tidak menargetkan vegan dan vegetarian karena mereka hanya sebagian kecil dari populasi. Target utama mereka adalah pemakan daging dan flexitarians, orang yang kebanyakan makan pola makan nabati, tapi tetap makan daging.

3. Pangan nabati bukan sinonim dari kesehatan

Biasanya, pola makan yang mengandung lebih banyak makanan nabati secara otomatis dikaitkan dengan kesehatan. Namun, mungkin tidak selalu demikian.

Pola makan nabati itu sehat jika sebagian besar terdiri dari makanan utuh seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan kacang-kacangan. Padahal, pola makan seperti itu telah terbukti menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Ahli gizi tetap prihatin tentang pengganti daging yang diproses secara berat yang mengandung lemak jenuh dan natrium tingkat tinggi. Bahan-bahan ini (pengawet, penyedap, dan pengikat) meningkatkan rasa, umur simpan, dan tekstur.

Meski dianggap alami, mereka tidak diperlukan untuk diet sehat. Mereka mungkin ramah lingkungan, tetapi mungkin tidak sehat, terutama dalam jumlah banyak.

4. Makanan nabati mengubah cara makan

Makanan nabati tidak akan hilang dalam waktu dekat. Faktanya, apa yang kita lihat sekarang adalah peningkatan produk nabati secara global.

Apa yang dimulai dengan susu kedelai pada 1990-an dan dilanjutkan dengan susu almond pada 2000-an dan burger pada 2010-an, telah berkembang ke berbagai jenis produk nabati yakni ayam, yogurt, es krim, makanan laut, ikan, telur, keju, sosis, dendeng, dan lainnya.

Gen X dan Baby Boomer mungkin lebih resisten untuk mengubah pola makan mereka. Namun, generasi milenial dan Gen Z merangkul makanan nabati dan keinginan mereka untuk terus melakukannya.

Milenial tidak menemukan jenis makanan ini, tetapi mereka menciptakannya kembali dan mendorong perubahan yang lebih luas dalam sikap dan konsumsi makanan nabati. Gen Z tumbuh dengan pola makan nabati sebagai norma.

5. Pangan nabati sama baiknya dengan bahan bakunya

Yang luput dari perhatian banyak konsumen adalah bagaimana produk ini dibuat. Mengganti produk pangan hewani bukan tugas mudah. Justru sebaliknya, ini sangat kompleks.

Diperlukan waktu bertahun-tahun untuk meneliti dan mengembangkan produk makanan nabati. Semakin baik mereka, semakin baik produk akhirnya. Tidak hanya dalam arti tekstur, tampilan, rasa dan rasa di mulut, tetapi juga kesehatan.

Gelombang produk nabati berikutnya kemungkinan akan lebih sehat karena bahan dan proses yang lebih baik (seperti pencetakan 3D) akan tersedia. Kalau kita lihat Beyond Burger misalnya, formulasi barunya lebih sehat dari formulasi sebelumnya

6. Tumbuhan nabati baik untuk planet ini, tapi hati-hati

Salah satu alasan utama konsumen beralih ke pola makan nabati adalah karena masalah kelestarian dan lingkungan. Memang, makan nabati mengurangi dampak perubahan iklim, menghemat air, dan meminimalisasi penggunaan lahan pertanian .

Tetapi ketahuilah bahwa banyak merek nabati adalah bagian dari operasi yang lebih besar. Merek tertentu mungkin berkelanjutan dan ramah lingkungan, tetapi perusahaan pemiliknya mungkin tidak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement