Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Tahun Baru, Cara Baru

Jumat 18 Dec 2020 06:54 WIB

Red: Fernan Rahadi

Erik Hadi Saputra

Erik Hadi Saputra

Foto: dokpri
Bergerak membuat kita menemukan jalan.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Erik Hadi Saputra* 

Pembaca yang kreatif, apa harapan Anda pada Tahun Baru? Apakah sama seperti layaknya orang yang memberikan nasehat pada saat berlangsungnya serah terima jabatan yaitu "Semoga lebih baik"? 

Pergantian tahun tentu memberikan harapan tersendiri pada banyak orang. Masa pandemi pun tetap memberikan harapan dengan cara-cara baru. Cara lama sudah saatnya dimodifikasi atau bahkan berubah. Orang tidak bisa hanya menunggu. 

Saatnya mengambil bola. Jika Anda hanya berpikir saja, diam, tidak bergerak, hanya menonton, maka semua akan terasa stagnan (mandheg). Bergerak membuat kita menemukan jalan. kita mengetahui jalan mana yang tertutup dan mana jalan yang dibuka. Aktivitas di tahun baru tetap harus berjalan dengan situasi yang tidak mudah. 

Pembaca yang kreatif, memunculkan harapan baru bisa hadir lewat perseorangan dan perusahaan. Harapan individu itu seperti tidak ingin lagi hidup sendiri (sudah capek he he). bertambahnya momongan, menunaikan ibadah ke tanah suci, liburan keluarga, dan juga melanjutkan pendidikan. 

Perusahaan juga memiliki semangat optimisme dengan target baru. Target itu bisa seperti menambah cabang, lancarnya produksi, serta naiknya nilai penjualan. target itu bisa dijadikan sebagai penyemangat dalam meningkatkan totalitas kerja. 

Apa yang bisa kita lakukan untuk memunculkan harapan baru itu? Pertama, cobalah memulai dari yang ada punya. Misal memodifikasi ruang kantor atau rumah anda dengan membuat siaran podcast via Youtube. Artis, pengamat, politikus, guru, mahasiswa, dan pelajar banyak yang sudah melakukan ini. 

Ikuti sajalah. Toh tidak ada salahnya mencontoh. Nanti netizen yang akan menentukan mereka akan memilih yang mana? Ketika anda mendapat like dan komentar positif, maka itu bisa membuat semangat anda menambah konten semakin cepat. 

Jika dislike bahkan hujatan yang Anda peroleh, itu berarti mereka peduli dengan channel Anda dan saatnya mengubahnya menjadi lebih baik. Kadang kritikan membuat kita lebih kuat. 

Semakin lama netizen sudah tidak mempedulikan lagi. Siapakah orang yang Anda undang sebagai bintang tamu. Mengapa? karena mereka sudah suka dengan acara Anda. Maka target 2021 buatlah orang suka dengan Anda, tentunya lewat karya. 

Kedua, tidak mesti anda yang mencetak gol. Kemenangan tim jauh lebih penting karena saatnya anda berkolaborasi. Anda tidak perlu berharap, bahwa harus Anda yang selalu tampil dominan. Saya khawatir kalau tidak tercapai nanti Anda akan lelah. Mulailah mempercayai orang lain. Beri mereka kesempatan untuk mencoba idenya. 

Generasi (Y dan Z) saat ini tidak begitu suka diatur tentang bagaimana mereka harus melakukan sesuatu. Mereka lebih suka diberikan kesempatan untuk berkreasi. Maka berikan mereka waktu dan kesempatan untuk mereka menunjukkan kreativitasnya. Mana tahu ada sesuatu yang baik yang selama ini belum anda pikirkan. 

Mendukung mereka untuk sukses berarti Anda sedang menyiapkan kesuksesan juga untuk tim Anda. Anda tentunya sudah baca membaca dan menonton bahwa, fakta menunjukkan tim bola yang hanya bergantung dengan satu-dua pemain bintang mereka tidak dapat berbuat apa-apa dengan tim yang bermain cantik dan berenergi lewat kerja sama tim. Tahun 2021 jadikan tim Anda lebih solid. Sehat dan sukses selalu.

*) Kaprodi Ilmu Komunikasi dan Direktur Kehumasan & Urusan  Internasional, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA