Kamis 17 Dec 2020 17:57 WIB

PT PII Jamin Pinjaman Untuk PLN

Penjaminan mendukung pengembangan infrastruktur listrik utama di Indonesia Timur.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Fuji Pratiwi
Logo PLN. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mendapatkan jaminan atas pinjaman dari dua lembaga multilateral untuk pembiayaan proyek jaringan distribusi listrik di Indonesia wilayah timur.
Foto: pln.co.id
Logo PLN. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mendapatkan jaminan atas pinjaman dari dua lembaga multilateral untuk pembiayaan proyek jaringan distribusi listrik di Indonesia wilayah timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mendapatkan jaminan atas pinjaman dari dua lembaga multilateral untuk pembiayaan proyek jaringan distribusi Kalimantan, Maluku-Papua, Sulawesi dan Nusa Tenggara. PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PT PII memberikan penjaminan atas pinjaman tersebut.

PT PII dengan dua kreditur, yakni Bank Pembangunan Asia (ADB) dan lembaga pembiayaan milik Pemerintah Jerman, KfW, melakukan perjanjian penjaminan, Kamis (17/12).

Baca Juga

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Luky Alfirman menyatakan, pemerintah melalui Kementerian Keuangan dan PT PII tetap konsisten untuk melanjutkan percepatan pembangunan infrastruktur. Termasuk pada proyek Jaringan Distribusi PT PLN ini.

Dia menyebut, penjaminan pemerintah pada proyek ini mendukung PLN dalam meningkatkan rasio elektrifikasi nasional yang nantinya dapat dinikmati oleh masyarakat di Kawasan timur ini. Dukungan dari lembaga pembiayaan multilateral seperti ADB dan KfW menunjukkan kepercayaan dan dukungan para pemangku kepentingan internasional kepada Pemerintah Indonesia.

"Terutama dalam mengembangkan infrastruktur yang berdampak luas pada ekonomi dan masyarakat utamanya di kawasan Indonesia Timur," kata Luky, Kamis (17/12).

Direktur Utama PT PII M Wahid Sutopo menambahkan, pemberian penjaminan merupakan bentuk komitmen untuk mendukung pengembangan infrastruktur listrik utama di wilayah Indonesia Timur. Peran PII dalam skema Penjaminan Pemerintah diharapkan dapat mendukung perluasan akses pada jaringan listrik di wilayah-wilayah tersebut.

"Seperti yang kita ketahui, wilayah Indonesia Timur memiliki potensi besar untuk memacu sumber-sumber pertumbuhan ekonomi, di sektor-sektor seperti perikanan, agro-industri, dan pariwisata." ujar Sutopo.

Direktur Keuangan PLN, Sinthya Roesly mengatakan, kerja keras yang dihasilkan dari awal hingga ditandatanganinya proyek ini bukan hanya kerja keras PLN, tapi juga dari instansi yang terlibat yaitu Kementerian Keuangan, PT PII, ADB dan KfW.

"Kami berharap proyek ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga dapat berkontribusi meningkatkan kebutuhan rasio elektrifikasi nasional untuk masyarakat di wilayah timur," ujar Sinthya.

PLN mendapat pinjaman dari ADB untuk jaringan distribusi di Kalimantan dan Maluku-Papua. Adapun untuk proyek distribusi Sulawesi dan Nusa Tenggara, PLN mendapat sokongan dana dari KfW.

Pinjaman ADB untuk PLN menerapkan skema Result Based Lending (RBL), salah satu bentuk dari pembiayaan kreatif dan relatif baru yang fokus pada hasil (outcome) yang spesifik dan terukur. Skema ini memungkinkan percepatan alih teknologi dan penggunaan energi bersih dan peningkatan kinerja PLN.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement