Kamis 17 Dec 2020 16:28 WIB

Plastik Biodegradable Gagal Jadi Solusi Limbah Plastik China

Plastik biodegradable pun belum bisa diolah dalam skala rumahan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Kantong plastik biodegradable. ilustrasi
Foto: dok. Istimewa
Kantong plastik biodegradable. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Awal tahun ini China memperkenalkan beberapa jenis plastik sekali pakai yang tidak dapat terurai. Kebijakan ini mendorong produsen untuk meningkatkan produksi versi yang dapat terurai secara hayati (biodegradable).

Menurut Greenpeace, 36 perusahaan di China telah merencanakan atau membangun fasilitas manufaktur plastik biodegradable baru. Fasilitas baru ini menambah kapasitas produksi lebih dari 4,4 juta ton per tahun. Jumlah ini merupakan peningkatan lebih dari tujuh kali lipat dalam waktu kurang dari 12 bulan.

Baca Juga

Industri e-commerce China menghasilkan sekitar 5 juta ton limbah plastik yang dapat terurai secara hayati per tahun pada tahun 2025, kata Greenpeace dilansir di BBC, Kamis (17/12).

Plastik yang dapat terurai secara hayati dapat diuraikan oleh organisme hidup. Namun, sebagian besar memerlukan pengolahan industri khusus pada suhu tinggi untuk terdegradasi dalam waktu enam bulan. Jika dibiarkan di tempat pembuangan sampah dalam keadaan normal, bahan tersebut membutuhkan waktu lebih lama untuk mulai terurai dan masih akan melepaskan karbon ke atmosfer.

Peneliti plastik Asia Timur dari Greenpeace, Dr Molly Zhongnan Jia menjelaskan, dengan tidak adanya fasilitas pengomposan yang terkendali, kebanyakan plastik yang dapat terurai berakhir di tempat pembuangan sampah, atau lebih buruk lagi, di sungai dan laut.

"Beralih dari satu jenis plastik ke jenis lainnya tidak dapat menyelesaikan krisis pencemaran plastik yang kita hadapi," kata Dr Jia.

Salah satu tantangan utama dengan plastik biodegradable secara global adalah bahwa plastik ini tidak dapat dimasukkan ke dalam daur ulang rumah tangga biasa atau didegradasi di tempat sampah pengomposan rumah. Ini berarti konsumen sebagian besar tidak memiliki rute untuk mendapatkan kemasan yang dapat terurai secara hayati ke jenis fasilitas industri yang mampu memprosesnya.

"Kecuali ada infrastruktur yang jelas untuk apa yang kita sebut 'akhir masa pakai', apakah itu daur ulang  atau penimbunan atau biodegradasi dengan cara tertentu, maka itu masih merupakan plastik sekali pakai," kata Dr. Rachael Rothman, co- direktur Grantham Centre for Sustainable Futures di University of Sheffield.

"Hanya karena plastik bisa terurai secara hayati, bukan berarti tidak sekali pakai," kata Dr Rothman.

Kategori plastik lain yang dibuat seluruhnya atau sebagian dari sumber daya hayati, yang sering disebut sebagai "bioplastik", belum tentu dapat terurai secara hayati. Ini menambah potensi kebingungan bagi konsumen.

Secara global, infrastruktur industri yang diperlukan untuk memproses plastik yang dapat terurai secara hayati, dari pengumpulan hingga pengomposan bersuhu tinggi, tidak ada pada skala yang dibutuhkan untuk menyamai volume plastik yang diproduksi.

Dr. Rothman menjelaskan, Inggris telah berkonsultasi tentang plastik yang dapat terurai secara hayati dan dapat dibuat kompos. Ada standar baru tentang kemampuan terurai secara hayati.

"Tetapi ketika Anda melihat detailnya, dikatakan bahwa bahan tersebut perlu mencapai suhu 60 derajat Celcius, dan plastik apa yang akan mencapai 60 derajat di Inggris? Ini adalah masalah global," kata Dr. Rothman.

Laporan Greenpeace yang diterbitkan Kamis (17/12) memperingatkan bahwa mengganti plastik sekali pakai dengan produksi bervolume tinggi dari berbagai alternatif yang dapat terurai secara hayati bukanlah solusi untuk masalah limbah plastik.

"Sistem pengemasan yang dapat digunakan kembali dan pengurangan penggunaan plastik secara keseluruhan adalah strategi yang jauh lebih menjanjikan untuk menjauhkan plastik dari tempat pembuangan sampah dan lingkungan," kata Dr Jia dari Greenpeace.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement