Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Tiga Golongan tak Dipedulikan Allah di Hari Kiamat

Kamis 17 Dec 2020 12:07 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah

Tiga Golongan tak Dipedulikan Allah di Hari Kiamat

Tiga Golongan tak Dipedulikan Allah di Hari Kiamat

Foto: pulsk.com
Pada hari kiamat setiap manusia akan sibuk memikirkan dirinya masing-masing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada hari kiamat setiap manusia akan sibuk memikirkan dirinya masing-masing. Orang tua lupa pada anaknya, suami lupa pada istrinya, singkatnya setiap orang sibuk mencari perlindungan.

Hanya Allah satu-satunya tempat perlindungan. Tetapi ada tiga golongan manusia yang sama sekali tidak akan diacuhkan oleh Allah pada hari akhir.

Ini dijelaskan oleh Rasulullah dalam haditsnya. Ketiga golongan manusia yang tak diacuhkan Allah pada hari kiamat, yaitu adalah orang tua yang berzina, orang miskin yang sombong, dan pemimpin yang pendusta.

Baca Juga

Keterangan ini dapat ditemukan dalam kitab Sunan Nasai nomor 2528. Hadits ini melalui jalur Muhammad bin Al Mutsanna, Yahya bin Said, Muhammad bin Ajlan, Abu Muhammad, Abu Hurairah.

Berikut redaksi lengkap haditsnya.

أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ ابْنِ عَجْلَانَ قَالَ سَمِعْتُ أَبِي يُحَدِّثُ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثَةٌ لَا يُكَلِّمُهُمْ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الشَّيْخُ الزَّانِي وَالْعَائِلُ الْمَزْهُوُّ وَالْإِمَامُ الْكَذَّابُ

"Telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna dia berkata; Telah menceritakan kepada kami Yahya dari Ibnu 'Ajlan dia berkata; Aku mendengar Bapakku bercerita dari Abu Hurairah dia berkata; Rasulullah bersabda, "Tiga golongan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah pada hari kiamat; 'Seorang yang sudah tua berzina, orang miskin namun sombong, dan pemimpin yang pendusta."

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA