Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Rektor IPB University: Menwa Masih Tetap Dibutuhkan

Kamis 17 Dec 2020 07:41 WIB

Red: Irwan Kelana

Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria (kiri) dan Ketua Alumni Menwa Mahawarman,  Prof Dr Sumardjo.

Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria (kiri) dan Ketua Alumni Menwa Mahawarman, Prof Dr Sumardjo.

Foto: Dok IPB University
Alumni Menwa Mahawarman siap bermitra dan bersinergi.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - - Menurut Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria, di masa kepemimpinannya sebagai rektor, kegiatan Bela Negara di IPB University sudah berjalan selama tiga tahun yaitu mulai dari tahun 2018 hingga sekarang. Kegiatan Bela Negara tersebut diwajibkan bagi mahasiswa baru dengan melibatkan Yonif 315.

“Meskipun kegiatan tersebut dilakukan di sela-sela masa perkenalan mahasiswa baru, langkah positif ini sudah dimulai untuk meningkatkan kesadaran Bela Negara bagi para mahasiswa baru IPB University. Untuk itu, keberadaan Resimen Mahasiswa (Menwa) di kampus IPB University masih tetap dibutuhkan. Rektor mendukung agar jumlah mahasiswa yang terlibat di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Menwa menjadi lebih banyak,” ujar Prof Arif saat menerima  kunjungan  Ikatan Alumni Menwa Mahawarman IPB University, Senin (14/12).

Hal Senada juga disampaikan oleh Wakil Rektor bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Dr Drajat Martianto.  Menurutnya IPB University juga memberikan pendidikan Bela Negara kepada Outstanding Student College (OUTSCO), mahasiswa peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) dan mahasiswa dari Jalur Ketua OSIS.

“Sebagai sebuah UKM, Menwa juga merupakan organisasi di bawah Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir. UKM Menwa harus independen dan tidak terlibat dalam organisasi massa tertentu,” ujar Dr Drajat dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Merespons informasi yang disampaikan rektor dan wakil rektor tersebut, Ketua Alumni Menwa Mahawarman, Prof Dr Sumardjo mengatakan bahwa ini menjadi tantangan tersendiri bagi UKM Menwa agar lebih kreatif dalam menarik mahasiswa untuk terlibat dalam organisasinya. Selain itu, Menwa IPB University juga diharapkan dapat melakukan pendidikan dan latihan di wilayah teritorialnya yaitu di Bogor dengan melibatkan pihak Korem maupun Yonif.

“Pendidikan Bela Negara sangat penting dalam mendukung profesi para alumni. Pendidikan Menwa selain melatih mental juga menumbuhkembangkan cinta pada bangsanya dan membuat alumni siap untuk bekerja dan ditempatkan di berbagai daerah di Indonesia sesuai dengan bidang keahliannya. Keberadaan alumni dengan berbagai bidang keahlian juga siap untuk bekerja  sama dan bersinergi dengan IPB University,” tuturnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA