Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Herbalist Campurkan Jamur ke Dalam Kopi, Apa Manfaatnya?

Kamis 17 Dec 2020 06:56 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Foto: ilustrasi kopi

Foto: ilustrasi kopi

Foto: Pixabay
Menambahkan jamur ke dalam kopi dinilai bisa memberikan manfaat terhadap daya ingat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kopi merupakan nootropik alami yang dapat meningkatkan performa kognitif. Tak heran bila cukup banyak orang yang mengandalkan kopi ketika ingin lebih fokus dalam beraktivitas.

"(Kopi) dapat memperbaiki memori dan ingatan, dan merupakan mood booster bagi banyak orang," ujar herbalist dan pelatih kesehatan holistik Rachelle Robinett, seperti dilansir Well and Good, Kamis (17/12).

Sebagai seorang herbalist Robinett mengatakan banyak orang yang mengira dia tak meminum kopi. Padahal, dia juga meminum kopi dan sangat menyukai minuman tersebut.

Baca Juga

Robinett mengatakan kopi pada dasarnya merupakan nootropik klasik. Nootropik itu sendiri merupakan rempah, suplemen, atau senyawa yang menunjang kesehatan dan performa otak.

Akan tetapi, Robinett memilih untuk membatasi kopi. Robinett biasanya mengonsumsi kopi dalam jumlah kecil dan mencampurkannya dengan rempah atau herbal lain.

Dengan cara itu, Robinett bisa mendapatkan semua manfaat yang diinginkan tanpa harus minum kopi secara berlebihan. Robinett tidak ingin merasakan gelisah atau efek lainnya akibat terlalu banyak minum kopi.

Salah satu resep kopi yang dia sukai adalah kopi jamur. Untuk membuat kopi ini, Robinett juga menambahkan bahan lain seperti rempah bernama mucuna pruriens.

"(Mucuna pruriens) ini merupakan favorit saya untuk di pagi hari," jelas Robinett.

Robinett mengatakan mucuna pruriens pada dasarnya merupakan pendukung dopamin yang kaya akan L-Dopa. L-Dopa merupakan prekursor alami untuk dopamin.

Selain itu, Robinett juga menggunakan jamur obat (medicinal mushroom) sebagai campuran untuk kopi ini. Robinett biasanya menggunakan bubuk jamur yang terdiri dari 11 campuran jamur obat yang berbeda. Masing-masing jamur ini dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan dan juga tergolong sebagai nootropik.

Yang tak kalah penting adalah menambahkan lemak sehat ke dalam kopi. Robinett memilih mentega kelapa sebagai sumber lemak sehat dalam kopi jamur yang dia buat.

Berikut ini adalah bahan dan cara membuat kopi jamur atau boosted coffee ala Robinett.

 

Bahan:

8 sendok makan kopi bubuk

30 oz (sekitar 888 ml) air panas

1 sendok teh bubuk mucuna

1 sendok teh bubuk jamur

1 sendok makan mentega kelapa

Alat pembuat kopi French press

 

Cara Pembuatan.

1. Masukkan bubuk kopi dan air panas ke dalam French press, seduh selama empat menit.

2. Sambil menunggu kopi, siapkan cangkir yang akan digunakan untuk meminum kopi. Masukkan semua bahan lain ke dalam cangkir tersebut.

3. Bila tidak memiliki mentega kelapa, ada beberapa alternatif lain yang bisa digunakan. Misalnya, minyak kelapa, santan, sari oat, dan bahkan susu biasa.

4. Setelah empat menit, tekan gagang French press untuk memisahkan ampas kopi. Tungkan kopi hingga memenuhi setengah cangkir dan aduk rata. Setelah tercampur rata, tuangkan kembali kopi yang tersisa di dalam French press hingga cangkir penuh. Kopi jamur siap disajikan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA