Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Sejarah Hari Ini: Kim Jong Il Meninggal

Kamis 17 Dec 2020 06:38 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih

Kim Jong Il

Kim Jong Il

Foto: myfirstclasslife.com
Pada 17 Desember 2011, Kim Jong II meninggal dunia karena serangan jantung

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG - Pada 17 Desember 2011, Kim Jong II, diktator Korea Utara (Korut) yang misterius dan tertutup, meninggal dunia karena serangan jantung saat dilaporkan bepergian dengan kereta api di negaranya. Kim mengambil alih kepemimpinan Korut setelah kematian ayahnya pada 1994 dan langsung memerintah negara Komunis.

Rezim represifnya yang terisolasi dituduh melakukan banyak pelanggaran hak asasi manusia. Dilansir laman History, memang sedikit yang diketahui tentang kehidupan awal Kim, meskipun diyakini ia lahir pada tahun 1941 di pangkalan militer Soviet dekat Khabarovsk, Rusia, lokasi ayahnya ditempatkan.

Di antara banyak klaim dipertanyakan lainnya yang dilaporkan oleh media pemerintah tentang pria yang dikenal sebagai "Pemimpin yang Terhormat" dan "Pemimpin Tertinggi" kepada para pengikutnya adalah bahwa ia membuat 11 hole-in-one dalam satu putaran golf, menemukan ponsel yang tidak terlihat, dan dapat mengontrol cuaca.

Pada 1948, ayah Kim yakni Kim Il Sung (1912-1994) menjadi kepala negara Komunis Korut yang baru dibentuk (secara resmi bernama Republik Demokratik Rakyat Korea). Kim yang lebih muda lulus dari Universitas Kim Il Sung di negara itu pada 1964 dan kemudian berkembang melalui Partai Buruh Korea.
 
Selain itu, Kim adalah seorang fanatik film yang mengumpulkan banyak koleksi film asing. Pada 1978, dia memerintahkan penculikan seorang aktris Korea Selatan yang terkenal dan suaminya yang seorang sutradara untuk meningkatkan industri film Korut.

Setelah Kim meninggal pada 17 Desember 2011, jenazahnya yang dibalsem dipajang secara permanen di Istana Peringatan Kumsusan di ibu kota negara, Pyongyang. Tubuh Kim Jong Il telah dipajang di sana sejak dia meninggal. Kim digantikan sebagai pemimpin Korut oleh anak bungsu dari tiga putranya, Kim Jong-un, yang saat itu berusia 20-an dan sebagian besar tidak dikenal dunia.
 

 
 

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA