Rabu 16 Dec 2020 18:11 WIB

Salurkan Rp 3,5 Triliun, Pertamina Perkuat UMKM Nasional

Pinjaman modal usaha disalurkan kepada 64.000 pelaku UMKM mitra binaan Pertamina.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Vice Presiden CSR & SMEPP Pertamina Arya Dwi Paramita
Foto: Abdan Syakura
Vice Presiden CSR & SMEPP Pertamina Arya Dwi Paramita

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT  Pertamina (Persero), badan usaha milik negara di sektor  energi terintegrasi, bersinergi dengan para pemangku kepentingan, termasuk  Pemerintah dan Perguruan Tinggi, untuk memperkuat peran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Hal ini merupakan perwujudan dari komitmen tinggi Pertamina dalam mengimplementasikan program tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan mengacu pada standar ISO 26000.

Pertamina juga memberikan bantuan permodalan bagi  UMKM yang masuk dalam Sustainable Develpment Goals (SDG’S) nomor delapan. Sejak 1993, Pertamina menjalankan program kemitraan, sebuah program untuk membantu pelaku usaha dan mitra binaan dalam menjalankan kegiatan usaha produktif.

Baca Juga

“Program Kemitraan yang dijalankan Pertamina, tidak hanya sekadar menyalurkan pinjaman modal usaha, tetapi juga melakukan pendampingan, evaluasi dan berbagai pelatihan. Muaranya adalah agar pelaku usaha bisa mandiri, bertumbuh dan usaha yang dijalankan berkelanjutan,” ujar Vice President CSR SMEPP Management Pertamina, Arya Dwi Paramita, Rabu (16/12).

Program Kemitraan Pertamina dilaksanakan sejak 1993 dan tercatat telah menyalurkan pinjaman modal usaha kepada 64.000 pelaku usaha yang menjadi mitra binaan Pertamina. Total akumulasi dana yang disalurkan sejak 1993 mencapai sebesar Rp 3,5 triliun.

“Ini merupakan program pada tingkat tertinggi dari siklus pemberdayaan masyarakat. Kami melakukan pembinaan dan mempertemukan mitra binaan dengan ekosistemnya sehingga ketika mereka sudah benar-benar lepas, mereka sudah bisa mandiri dan diharapkan terus bertumbuh dan berkelanjutan,”  jelas Arya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement