Selasa 12 Jan 2021 05:07 WIB

Masjid-Masjid Bersejarah di Kazan Rusia

Islam telah berkembang di Rusia sejak abad ke-16.

Foto: republika
Masjid bersejarah di Kazan, Rusia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Masjid-Masjid Bersejarah di Kazan Rusia 

Islam telah berkembang di Rusia sejak abad ke-16. Pada abad ke-18 dan 19, orang-orang Dagestan, Chechen, Circassia, Ingush, dan sebagainya masuk ke Rusia. Kemudian, Islam makin berkembang dan meluas ke wilayah bekas Uni Soviet tersebut. Saat ini, tercatat lebih dari 4.750 masjid terdapat di Rusia. Namun, jumlah yang sebenarnya lebih dari angka itu. Berikut in masjid bersejarah di Rusia: 

>Masjid Marcani

Masjid ini disebut juga sebagai Masjid al-Marjani. Letaknya berada di Kazan, Rusia. Marsjid Marcani dibangun pada 1766 hingga 1770. Ini merupakan masjid pertama yang dibangun di Kazan. Bangunan masjid tersebut berlantai dua dan memiliki dua ruangan. Interiornya bergaya Baroque Petersburg. 

 

> Masjid Iske Tash

Masjid ini berusia lebih dari 200 tahun. Masjid Iske Tash dibangun pada 1802 di wilayah Kazan. Pembangunan masjid dilakukan untuk mengenang para pejuang yang gugur ketika mempertahankan wilayah Kazan dari serangan musuh pada 1552. Salah seorang yang berjasa besar dalam pembangunan masjid ini, yaitu Ghabdulla Utamishev, pedagang kaya yang cukup tersohor. 

>Masjid Bornay

Masjid ini disebut juga Masjid Katedral Ketiga atau Masjid Burnayevskaya.Lokasinya di wilayah Kazan. Masjid tersebut dibangun pada 1872. Pembangunannya didanai oleh Mohammad Sadiq Bornay dan terealisasikan oleh proyek Pyotr Ivanovich Romanov.

 

Sumber: Harian Republika

Pengolah: Nashih Nashrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement