Rabu 16 Dec 2020 16:33 WIB

5 Film Nonhoror Ini Miliki Akhir Mengejutkan

Film-film ini membuat terkenang meski ada kejanggalan pada akhir kisahnya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Film Life of Pi
Foto: ndiewire.com
Film Life of Pi

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Biasanya, sinema horor yang paling banyak menawarkan plot twist tak terduga, namun ada juga genre film lain yang menerapkannya. Itu membuat film-film dengan beragam tema tersebut terus terkenang, meski kadang dengan perasaan janggal akibat keanehan kisahnya.

Pasalnya, alur cerita yang disangka mudah diprediksi dan lempeng, malah berbelok seketika sehingga sama sekali tak tertebak. Berikut lima judul film non-horor yang punya akhir cerita mengejutkan, dikutip dari laman Screen Rant, Rabu (16/12).

1. Life Of Pi (2012)

Pi bercerita kepada seorang penulis bahwa saat remaja dia pernah terjebak di sekoci kapal barang di lautan selama berbulan-bulan. Kapal itu mengangkut sejumlah hewan, termasuk harimau benggala, hyena, orang utan, dan zebra yang saling bunuh.

Tersisa Pi dan harimau benggala, belajar untuk saling percaya. Kemudian, mereka sampai di Meksiko dan berpisah jalan. Seorang penyelamat menemukan Pi dan dia malah memberi tahukan sebuah cerita yang sama sekali berbeda.

Dia mengatakan orang utan adalah ibunya, zebra adalah kelasi, dan hyena adalah juru masak kapal. Penafsiran cerita ini terserah kepada interpretasi audiens, tetapi banyak yang percaya Pi adalah harimau Benggala dan dia sendirian di sekoci.

2. Tully (2018)

Kolaborasi ketiga antara sutradara Jason Reitman, penulis naskah Diablo Cody, dan aktris Charlize Theron ini termasuk salah satu yang menarik. Tokoh utama film adalah Marlo, yang mengalami depresi pascamelahirkan dan memperkerjakan pengasuh bernama Tully.

Suatu ketika, Tully mendadak mengundurkan diri dari pekerjaan, dan tak lama Marlo mengalami kecelakaan mobil. Setelah itu, baru terungkap bahwa tidak pernah ada pengasuh dan Tully sebenarnya adalah imajinasi sosok masa lalu diri Marlo.

3. Atonement (2007)

Gadis remaja kaya bernama Briony naksir kepada Robbie, anak dari asisten rumah tangganya. Namun, dia melihat Robbie bersama kakak perempuannya Cecilia, sehingga dia emosi dan menuduh Robbie melakukan tindak kriminal sebagai balasan.

Perang Dunia II memisahkan Robbie dan Cecilia, tapi akhirnya mereka bersatu lagi. Briony lantas menyadari kesalahannya dan mengakui bahwa dia salah menuduh Robbie. Namun, ternyata itu hanya ada di buku harian pribadi Briony.

Nyatanya, tokoh Robbie dan Cecilia tak pernah bersatu lagi, malah meninggal secara tragis saat perang. Di tengah penyesalan, Briony sengaja menuliskan cerita bersatunya mereka dalam buku harian untuk memberikan akhir kisah yang bahagia.

4. Remember Me (2010)

Film bercerita tentang pemuda bermasalah bernama Tyler (Robert Pattinson). Hidupnya berangsur-angsur membaik setelah memulai hubungan cinta dengan putri seorang petugas kepolisian yang sebelumnya pernah menangkapnya.

Konflik berjalin wajar, namun ada yang janggal pada akhir film. Tyler digambarkan ada di lantai 101 gedung World Trade Center, persis pada 11 September 2001. Kritikus menyebut perubahan plot ini terlalu mengeksploitasi tragedi.

5. The Crying Game (1992)

Berlatar konflik Irlandia Utara, film menyoroti tokoh utama tentara Irlandia bernama Fergus. Kelompoknya menangkap tentara Inggris bernama Jody. Jody meminta Fergus berjanji menjaga kekasihnya, Dil, jika sesuatu terjadi kepadanya.

Setelah Jody gugur, Fergus mencari Dil di London. Mereka berjumpa dan saling jatuh cinta. Tak disangka, Dil malah mengungkap bahwa dirinya transgender.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement