Rabu 16 Dec 2020 16:30 WIB

BPIP Selenggarakan Bedah Musik Kebangsaan di UI

Musik adalah instrumen universal yang efektif untuk dijadikan alat penyampai pesan

Dalam rangka sosialisasi nilai-nilai Pancasila ke generasi muda, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan kegiatan Bedah Musik Kebangsaan di Universitas Indonesia (UI), pada Rabu (16/12).
Foto: BPIP
Dalam rangka sosialisasi nilai-nilai Pancasila ke generasi muda, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan kegiatan Bedah Musik Kebangsaan di Universitas Indonesia (UI), pada Rabu (16/12).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dalam rangka sosialisasi nilai-nilai Pancasila ke generasi muda, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan kegiatan Bedah Musik Kebangsaan di Universitas Indonesia (UI), pada Rabu (16/12). Kegiatan dengan konsep membedah lagu kebangsaan ini adalah bagian dari strategi untuk mensosialisasikan sekaligus menanamkan jiwa kebangsaan melalui saluran yang dekat dengan dunia generasi muda yaitu musik.

Bedah musik di buka oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Yudian Wahyudi, dalam sambutannya Yudian menyampaikan BPIP terus mengeplorasi pelbagai peluang kerja sama dalam rangka penciptaan konten positif diantaranya musik.

Baca Juga

"BPIP terus mengeksplorasi pelbagai peluang kerja sama dengan berbagai pihak terutama dalam rangka penciptaan konten-konten positif dan media edukasi alternatif yang sesuai dengan gaya anak muda dan bermuatan nilai-nilai Pancasila, diantara media edukasi alternatif yang dekat dengan anak muda adalah musik," kata Yudian, dalam siaran persnya.

Selanjutnya Kepala BPIP berpesan kepada seniman untuk saling menguatkan pesan kebangsaan. "Saya dulu sangat ingin bisa menyanyi. Tapi saya sadar bakat saya tidak di situ. Makanya, perbedaan bakat itu untuk menguatkan satu sama lain. Saya bisa pidato, tapi nggak bisa menyanyi. Kawan-kawan seniman pintar bikin lagu. Makanya kita bekerja sama untuk saling menguatkan pesan kebangsaan," kata Yudian.

Musik adalah instrumen universal yang sangat efektif untuk dijadikan alat penyampai pesan, bahkan lebih dari itu musik juga diyakini dapat menjadi media untuk melakukan internalisasi nilai-nilai kepada pendengarnya. Oleh karena itu BPIP mengangkat tema musik demi membangkitkan kembali nilai-nilai Pancasila dan Kebangsaan di kalangan muda.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Pusat Studi Jepang, UI dengan ILUNI FIB UI, BPIP bekerjasama dengan Sinergy for Indonesia dan Indonesia Care yang telah menelurkan satu album kebangsaan berjudul Nyanyian Rumah Indonesia.

Diinisiasi oleh Ahmad Doli Kurnia Tandjung, Sinergy for Indonesia adalah komunitas anak muda yang fokus di dalam gerakan membangun semangat kebangsaan. 

Pembicara yang hadir antara lain Kepala BPIP Yudian Wahyudi,  Sekretaris Utama BPIP Karjono, Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung, dan Devie Rahmawati, dosen dan peneliti tetap Program Vokasi Humas UI.

Kegiatan ini dilangsungkan dengan format hybrid mengundang 50 peserta secara langsung dan 200 peserta daring. Protokol Covid-19 diberlakukan dengan disiplin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement