Rabu 16 Dec 2020 15:46 WIB

Temuan Dinosaurus Mirip Ayam Buat Takjub Para Ilmuwan

Dinosaurus ini kemungkinan hidup sekitar 110 juta tahun yang lalu.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi dinosaurus mirip ayam.
Foto: wikimedia
Ilustrasi dinosaurus mirip ayam.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Ilmuwan dibuat takjub dengan penemuan dinosaurus mirip ayam. Temuan itu ada di sepanjang tepi laguna purba di tempat yang sekarang menjadi bagian timur laut Brasil.

Di situ, ilmuwan menemukan kerangka yang mirip dengan banyak dinosaurus kecil. Dinosaurus ini kemungkinan hidup sekitar 110 juta tahun yang lalu pada periode Cretaceous.

Baca Juga

Dinosaurus ini berkaki dua berukuran ayam, hidup berburu serangga, vertebrata kecil seperti katak dan kadal. Dinosaurus yang disebut Ubirajara jubatus, memiliki surai dengan struktur seperti rambut.

Dinosaurus ini juga memiliki dua ciri yang sangat unik yang menonjol dari bahunya. Strukturnya kaku yang mungkin terbuat dari keratin (zat yang sama yang membentuk rambut dan kuku).

"Ada banyak dinosaurus aneh lainnya, tapi yang satu ini tidak seperti yang lainnya," kata David Martill, seorang profesor paleobiologi di University of Portsmouth di Inggris, yang membantu memimpin penelitian.

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Cretaceous Research. Struktur mirip rambut Ubirajara tampak seperti bentuk bulu yang belum sempurna yang disebut protofeathers. Ini bukanlah rambut yang sebenarnya, ciri khusus mamalia.

Banyak dinosaurus memiliki bulu. Faktanya, burung berevolusi dari dinosaurus berbulu kecil sekitar 150 juta tahun yang lalu.

"Sepertinya dari kejauhan terlihat lebih berambut daripada berbulu," kata Martill, dilansir di The Guardian, Rabu (16/12).

Menurutnya, kemungkinan besar dinosaurus ini memiliki rambut seperti bulu di sebagian besar tubuhnya tetapi mereka hanya berada di sepanjang leher, punggung dan lengannya.

"Yang di punggungnya sangat panjang dan memberikan semacam surai yang unik untuk dinosaurus," jelas Martill.

Ia menambahkan, struktur seperti pita Ubirajara mungkin telah digunakan untuk dipajang, mungkin untuk menarik pasangan atau mengintimidasi musuh atau dalam persaingan antar pejantan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement