Rabu 16 Dec 2020 15:21 WIB

Sosialisasi Pancasila, BPIP Buat Animasi Lorong Waktu Si Aa

Kita ingin anak-anak mengenal dan memahami dengan baik Pancasila sejak usia dini.

Lorong Waktu Si AA
Foto: istimewa
Lorong Waktu Si AA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Banyak cara untuk membumikan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda. Untuk mewujudkan hal tersebut, Badan Pembinaan Ideologi Pembinaan (BPIP) bekerjasama dengan RANS Entertainment dan Sinergy for Indonesia menggarap animasi berjudul Lorong Waktu Si Aa.

Kepala BPIP, Prof KH Yudian Wahyudi, menjelaskan animasi Lorong Waktu Si Aa ini merupakan sebuah terobosan besar dalam menanamkan nilai luhur Pancasila kepada anak-anak sejak usia dini.

“Sesuai dengan arahan bapak Presiden Jokowi, penanaman nilai luhur Pancasila sejak dini merupakan hal yang sangat penting. Kita ingin anak-anak mengenal dan memahami dengan baik Pancasila sejak usia dini,” katanya di Jakarta, Rabu (16/12).

Yudian mengatakan kolaborasi dengan RANS Entertainment ini bukan tanpa alasan. Indikatornya dilihat dari jumlah subscriber berjumlah 18,7 juta dan jumlah penonton per konten animasi Si Aa yang berkisar 5-6 juta penonton.

Dalam setiap serial, kata dia, animasi Si AA menyampaikan sejumlah pesan moral dan nilai yang baik untuk diikuti oleh anak usia dini. “Untuk edisi kali ini, animasi Si Aa dibuat lebih fokus berbicara mengenai Pancasila sebagai dasar negara dan jati diri bangsa Indonesia, serta sejarah singkat perjalanan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu RANS Entertainment meyakini dengan kekuatan media dan citra baik yang mereka miliki, animasi Lorong Waktu Si Aa merupakan pilihan tepat untuk menyebarkan narasi-narasi bermuatan nilai-nilai Pancasila dan rasa nasionalisme kepada generasi muda, dan masyarakat Indonesia secara umum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement