Rabu 16 Dec 2020 12:59 WIB

Kasus Kematian Naik, Satgas Covid Soroti Aceh, Bali, Riau

Aceh dan Riau mengalami peningkatan angka kematian hampir setiap pekannya.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
 Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito
Foto: BPIP
Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah provinsi prioritas yang mengalami kenaikan kasus kematian, yakni Provinsi Aceh, Bali, dan Riau. Menurut Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Provinsi Aceh dan Riau mengalami peningkatan angka kematian hampir setiap pekannya.

Dari data Satgas per 13 Desember, angka kematian di Aceh telah mencapai 4,11 persen meningkat dari pekan sebelumnya pada 6 Desember yang sebesar 4,06 persen. Sedangkan di Riau pada pekan ini kasus kematian mencapai 2,29 persen meningkat dari pekan sebelumnya yang sebesar 2,26 persen.

“Angka kematian tidak bisa dibiarkan terus meningkat,” kata Wiku saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta.

Satgas pun mengimbau pemerintah daerah untuk terus memonitor penanganan kesehatan di masing-masing fasilitas kesehatan dan menggencarkan upaya deteksi dini. Wiku juga meminta masyarakat agar segera memeriksakan diri jika menemukan gejala atau kontak dengan pasien positif.

Lebih lanjut, Satgas juga memberikan apresiasinya kepada sejumlah provinsi yang dapat menekan angka kematian selama empat pekan berturut-turut. Yakni di Sumatera Utara yang turun menjadi 3,84 persen pada 13 Desember dari 3,91 persen pada 6 Desember; Jawa Barat turun menjadi 1,6 persen pada pekan ini dari 1,63 persen pada pekan sebelumnya; dan Sulawesi Selatan turun dari 2,34 persen pada pekan sebelumnya menjadi 2,29 persen pada pekan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement