Rabu 16 Dec 2020 10:04 WIB

FDA AS tak Lagi Khawatir dengan Data Vaksin Moderna

Staf FDA mengatakan rejimen dua dosis vaksin Moderna sangat efektif mencegah Covid-19

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Staf FDA mengatakan rejimen dua dosis vaksin Moderna sangat efektif mencegah Covid-19. Ilustrasi.
Foto: EPA-EFE/CJ GUNTHER
Staf FDA mengatakan rejimen dua dosis vaksin Moderna sangat efektif mencegah Covid-19. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MARYLAND - Anggota Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat (AS) tidak lagi merasa khawatir dengan data vaksin Covid-19 Moderna dalam dokumen yang dipublikasi pada Selasa, dan mempersiapkan pengajuan izin AS untuk vaksin kedua.

Staf FDA mengatakan rejimen dua dosis vaksin Moderna sangat efektif dalam mencegah kasus terkonfirmasi Covid-19. Pernyataan itu disebutkan dalam dokumen yang dipersiapkan untuk pertemuan para pakar asing, yang akan membahas apakah pihaknya akan mendukung otorisasi penggunaan darurat (EUA) AS untuk vaksin buatan Moderna.

Baca Juga

Para peninjau FDA tidak menyinggung masalah keamanan spesifik apa pun dalam penggunaan vaksin pada orang dewasa di atas 18 tahun. Mereka mengatakan efek samping serius pada uji klinis vaksin mewakili peristiwa medis yang terjadi di masyarakat umum pada frekuensi yang sama saat diobservasi selama riset.

Amerika Serikat berencana menyebarkan 40 juta dosis vaksin, cukup untuk 20 juta orang, pada Desember ini. Kapasitas itu mencakup vaksin buatan Moderna dan vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech SE, yang mengantongi restu FDA pada Jumat.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement