Rabu 16 Dec 2020 07:15 WIB

Cara Tepat Menghitung Kebutuhan Protein untuk Bentuk Otot

Cara tepat adalah menghitung berat badan 'sebenarnya' dikali 2 gram protein

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bentuk tubuh berotot/ilustrasi
Foto: gccaz.edu
Bentuk tubuh berotot/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak dapat dipungkiri, dalam usaha membentuk otot tubuh pasti ada banyak sekali hal yang wajib diperhitungkan. Pasalnya, Anda pun tidak hanya dituntut untuk rajin melakukan olahraga saja. Tapi, Anda pun juga harus mengkonsumsi makanan yang bergizi agar pembentukan otot tubuh pun semakin maksimal. Salah satu asupan yang wajib bagi Anda adalah protein.

Dilansir dari Menshealth.com, protein dan pembentukan otot berjalan beriringan. Protein sangat penting untuk perbaikan jaringan otot dan penuh dengan asam amino bahan penyusun kekuatan. Hanya saja, hanya sebagian orang yang benar-benar tahu berapa banyak protein yang mereka butuhkan untuk membentuk otot.

Sederhananya, protein adalah makronutrien (nutrisi yang kita butuhkan dalam jumlah yang lebih besar) yang dibangun dari asam amino, yang dirangkai menjadi rantai panjang.  Beberapa rantai ini dapat dibuat secara alami oleh tubuh Anda dikenal sebagai 'tidak penting' dan beberapa tidak dapat dibuat.  

Ini disebut asam amino 'esensial' dan Anda perlu mendapatkannya dari makanan. Ketika Anda makan dada ayam, tubuh Anda memecah protein menjadi asam amino penyusunnya yang kemudian digunakan untuk membangun segala sesuatu mulai dari otot baru hingga organ dan rambut.

Terdapat sebuah badan penelitian yang mengkonfirmasi peran protein dalam membangun otot.  Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, misalnya, menemukan bahwa asupan protein terbukti meningkatkan peningkatan massa tubuh tanpa lemak.

Menurut National Health Service, asupan protein harian yang tepat adalah sebesar 50 gram. Sementara saran lainnya adalah 0,8 gram protein per kg berat badan. Akan tetapi angka itu sebenarnya berbeda antar tiap orang.

Ahli Nutrisi asal Wales, Karen Reid bahkan menyebut untuk atlet butuh 2 gram per kg berat badan tiap harinya. Artinya bila berat badan 60 kg, maka per hari anda membutuhkan 120 gram protein untuk maksimal membentuk otot. Tentunya dengan beragam olahraga yang bisa memacu pembentukan otot. 

Ia pun menyarankan kebutuhan 2 gram per kg berat badan harus dipenuhi untuk program pembentukan otot selama 12 pekan. Setelah dua pekan, ia merekomendasikan antara 1,2 hingga 1,6 gram per kg berat badan.

Sementara saran lainnya adalah menghitung kebutuhan protein adalah dengan mempertimbangkan lean body mass dikali kebutuhan 2 gram per kg. Misalnya berat anda 90 kg dengan 20 persen lemak, maka sebenarnya berat otot anda hanya 72kg. Penghitungan ini dinilai lebih masuk akal dibandingkan mengkali 2 gram dengan seluruh berat badan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement