Rabu 16 Dec 2020 05:37 WIB

Arab Saudi Membuka Pendaftaran Vaksin Covid-19

Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengonfirmasi keamanan dan kemanjuran vaksin

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Fakhruddin
Arab Saudi Membuka Pendaftaran Vaksin Covid-19 (ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/MANUEL BALCE CENATA
Arab Saudi Membuka Pendaftaran Vaksin Covid-19 (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Kementerian Kesehatan Arab Saudi pada Selasa (15/12) mengumumkan dimulainya pendaftaran vaksin virus corona. Masyarakat dapat mendaftar, melalui aplikasi seluler kementerian Sehhaty (Kesehatan Saya) di tautan http://onelink.to/yjc3nj. 

Dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (16/12), mulai hari ini, untuk semua warga negara dan ekspatriat di Kerajaan sudah bisa mendaftar melalui aplikasi dan gratis.

"Kementerian mengatakan bahwa mendapatkan vaksin itu gratis untuk semua warga negara dan ekspatriat, dalam pelaksanaan arahan dari kepemimpinan bijak Kerajaan," kata Kementerian, dilansir dari Saudi Press Agency, Rabu (16/12).

Kementerian mengonfirmasi keamanan dan kemanjuran vaksin setelah melewati fase pengujian vaksin yang efektif. Vaksin tersebut dianggap berhasil menunjukkan respons kekebalan dan antibodi yang kuat pada mereka yang menerima suntikan percobaan.

 

Kementerian menjelaskan bahwa vaksinasi akan diberikan dalam tiga fase dan setiap fase memiliki kelompok sasaran. Tahap pertama, akan diberikan kepada warga negara dan ekspatriat yang berusia di atas 65 tahun, tenaga kesehatan dan tenaga profesional lain yang paling rentan terhadap infeksi selama perjuangan melawan pandemi, orang yang mengalami obesitas dan memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih dari 40.

Ini juga akan mencakup mereka yang mengalami defisiensi imun, seperti mereka yang menjalani transplantasi organ atau menggunakan obat-obatan penekan imun. Kemudia mereka yang menderita dua atau lebih penyakit kronis seperti asma, diabetes, penyakit ginjal kronis, penyakit jantung kronis termasuk penyakit arteri koroner, dan penyakit paru obstruktif kronik, dan mereka yang memiliki riwayat stroke sebelumnya.

Kelompok sasaran pada fase kedua adalah warga negara dan ekspatriat yang berusia di atas 50 tahun, praktisi kesehatan yang tersisa, dan mereka yang memiliki salah satu penyakit kronis seperti asma, diabetes, penyakit ginjal kronis, penyakit jantung kronis termasuk penyakit arteri koroner, penyakit paru obstruktif kronik, dan kanker aktif serta mereka yang mengalami obesitas dan memiliki BMI antara 30 - 40.

Kelompok sasaran pada tahap ketiga ini mencakup semua warga negara dan ekspatriat yang ingin menerima vaksin.

Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa langkah ini merupakan kelanjutan dari upaya besar dan langkah proaktif yang telah diambil Kerajaan dalam membendung penyebaran virus dan menjaga kesehatan dan keselamatan, keamanan warga negara dan ekspatriat.

Kementerian memperhatikan pengumuman Kerajaan sebelumnya bahwa itu akan menjadi salah satu negara pertama yang menerima vaksin yang memenuhi kriteria kemanjuran dan keamanan langsung dari perusahaan internasional terkemuka yang terlibat dalam industri vaksin dan melalui COVAX, yang merupakan inisiatif global.

Terdapat 172 negara dan beberapa kandidat vaksin yang terlibat dalam Fasilitas Akses Global vaksin COVID-19.

 

Sumber: https://saudigazette.com.sa/article/601431/SAUDI-ARABIA/Saudi-Arabia-opens-registration-for-COVID-19-vaccine

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement