Rabu 16 Dec 2020 03:21 WIB

Pupuk Indonesia Group Komitmen Jalankan Nilai AKHLAK

AKHLAK adalah corevalue yang diinisiasi Menteri BUMN Erick Thohir

Manajemen PT Pupuk Indonesia (Persero) beserta seluruh anak perusahaan menyepakati tiga poin komitmen dalam menjalankan nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK).
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Manajemen PT Pupuk Indonesia (Persero) beserta seluruh anak perusahaan menyepakati tiga poin komitmen dalam menjalankan nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manajemen PT Pupuk Indonesia (Persero) beserta seluruh anak perusahaan menyepakati tiga poin komitmen dalam menjalankan nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK).

Direktur Utama Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (15/12), menyampaikan ketiga poin itu yakni menjadi figur panutan (rolemodel) dalam menerapkan CoreValues AKHLAK.

Kemudian, menerapkan Core Values AKHLAK sebagai identitas dan perekat tata nilai kerja seluruh Insan Pupuk Indonesia Grup yang mendukung kinerja dan transformasi Pupuk Indonesia Grup secara menyeluruh. Dan menjadikan Tata Nilai AKHLAK sebagai corevalues dalam pelaksanaan mandat dan tugas untuk menghadirkan values creation bagi Pupuk Indonesia Grup.

"Menghadapi situasi perubahan sesuai dengan transformasi bisnis yang tengah dijalankan Pupuk Indonesia Grup dalam rangka mencapai visi, misi dan strategi yang telah ditetapkan, bbdaya AKHLAK ini penting untuk diterapkan lebih konsisten dari waktu ke waktu," kata Bakir Pasaman dalam acara Kick Off Meeting Implementasi Budaya AKHLAK Dalam Mendukung Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia Grup.

Ketiga poin komitmen yang disepakati dalam rangka menuju tahapan internalisasi budaya AKHLAK di lingkungan perusahaan juga ditandatangani langsung oleh direktur utama Pupuk Indonesia dan para direktur utama anak perusahaan.

AKHLAK sendiri adalah corevalue yang diinisiasi Menteri BUMN Erick Thohir pada 20 Juli 2020. Penetapan ini kemudian diikuti oleh Surat Edaran Kementerian BUMN Nomor 07 Tentang Nilai-nilai Utama Sumber Daya Manusia Badan Usaha Milik Negara.

"Bagi Pupuk Indonesia, penerapan nilai AKHLAK tentunya bukan hanya sekedar menghapal akronim semata atau sekedar slogan saja. Namun juga berkomitmen untuk mensukseskan nilai-nilai AKHLAK ini sebagai pedoman dan fondasi perilaku karyawan dan perusahaan sehingga kita bisa sama-sama membawa pribadi kita maupun perusahaan menjadi jauh lebih baik lagi," ujar Bakir.

Dalam kesempatan sama, Direktur SDM & Tata Kelola Pupuk Indonesia Winardi menerangkan, implementasi budaya AKHLAK memiliki lima tahapan. Tahap sosialisasi, tahap Internalisasi, tahap implementasi, evaluasi hingga reinforcement atau penguatan atas nilai-nilai budaya AKHLAK.

"Pada tahap implementasi kami akan memastikan jika budaya AKHLAK dan key behavior dilaksanakan secara konsisten di pekerjaan, termasuk memastikan AKHLAK terintegrasi dalam Human Resources System dan KPI Perusahaan, serta upaya-upaya penguatan lainnya melalui beragam kegiatan," katanya.

Bagi Pupuk Indonesia, nilai-nilai AKHLAK sangat sesuai dengan perkembangan dan dinamika dunia usaha saat ini. Serta sejalan dengan tugas dan fungsi BUMN, yang dituntut untuk menjadi mesin pertumbuhan ekonomi dan akselerator kesejahteraan masyarakat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement