Selasa 15 Dec 2020 20:07 WIB

Menpora Apresiasi Perkembangan Pesat Olah Raga di Muba

Pada 2021 Kemenpora akan mengagendakan kegiatan-kegiatan Kemenpora di Musi Banyuasin

Menpora RI Zainudin Amali menerima Audiensi Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin bersama Ketua Rally Nasional Rifat Sungkar dan Plt Kadispopar Muba Fariz di Ruang Kerja, Lantai 10, Kemenpora RI, Jakarta.
Foto: Musi Banyuasin
Menpora RI Zainudin Amali menerima Audiensi Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin bersama Ketua Rally Nasional Rifat Sungkar dan Plt Kadispopar Muba Fariz di Ruang Kerja, Lantai 10, Kemenpora RI, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski masih dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19, tak menyurutkan langkah Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin untuk terus meningkatkan prestasi dan mutu olah raga di Bumi Serasan Sekate. Terkait hal tersebut, Selasa (15/12) Menpora RI Zainudin Amali menerima Audiensi Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin bersama Ketua Rally Nasional Rifat Sungkar dan Plt Kadispopar Muba Fariz di Ruang Kerja, Lantai 10, Kemenpora RI, Jakarta.

Mengawali pertemuan, Dodi yang juga Pembina dan Penggerak Olah raga Terbaik Indonesia ini mengucapkan terima kasih karena telah di terima di ruang kerjanya di sela-sela kesibukannya. "Pertama saya ucapkan terima kasih karena Pak Menteri sudah berkenan menerima kami. Kami tahu Pak Menteri sangat  sibuk sekali.Terus terang Pak, semangat olah raga di Muba ini tidak pernah luntur, bahkan sekarang lebih semangat lagi," ucap Dodi, seperti dalam siaran pernya.

Baca Juga

Dodi mengatakan kedatangannya ingin melaporkan beberapa perkembangan fasilitas olah raga yang sudah ada. Fasilitas olah raga ini merupakan bekas sarana prasarana PON 2004 yang masih dimanfaatkan hingga sekarang.

"Selain itu, PPLP-D Muba merupakan yang terbanyak se-Indonesia dengan total 19 cabor. Jumlah atlet PPLP-D Muba pun semakin meningkat dari jumlah 176 di tahun 2017 sekarang menjadi 217," tambahnya.

photo
Menpora RI Zainudin Amali menerima Audiensi Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin di Ruang Kerja, Lantai 10, Kemenpora RI, Jakarta. - (Musi Banyuasin)

 

Menurutnya, untuk fasilitas sendiri sudah cukup luar biasa dan akan terus ditingkatkan. Fasilitas olah raga seperti stable berkuda sekarang sudah multi fungsi, beberapa cabor digelar disini. Kabupaten Muba juga akan bangun stadion atletik. "Lahan sudah kami persiapkan dan menyatu dengan komplek olah raga di Muba," katanya.

Iapun melanjutkan, Kabupaten Muba memiliki Sirkuit Internasional, Sirkuit Skyland Kabupaten Muba ini pernah di pakai untuk venue balap motor saat PON 2004 dan sampai sekarang Muba selalu mengelar event otomotif. "Kedepan kami juga akan mengelar event-event reguler di sini. Rencana pada tanggal 1 Agustus 2021 kami akan mengelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sprint Rally Indonesia.

"Kejurnas Rally 2021 nanti akan berfokus pada Sirkuit Internasional Skyland Sekayu dengan fasilitas yang sangat baik dan telah dipakai beberapa event Internasional. Untuk rute akan kita koordinasikan, lahan perkebunan yang sudah memadai bisa dipakai kegiatan Rally, " lanjutnya.

Menanggapi hal tersebut, Menpora RI Zainudin Amali mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Muba khususnya Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin karena perkembangan olahraganya sangat pesat. "Saya apresiasi Pak Dodi sebagai Bupati Muba. Ini sangat luar biasa perkembangan olahraga di Musi Banyuasin begitu pesat. Saya senang mendengarnya karena tidak banyak daerah-daerah seperti ini. Padahal dalam UU No 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, Provinsi, Kabupaten harus mengembangkan olahraganya namun hanya beberapa saja yang jalan," ujarnya.

Terkait pembangunan stadion atletik, Menpora RI mengatakan bahwa untuk pembangunan fisik bukan lagi di Kemenpora RI tapi di Kementerian PUPR, namun Kemenpora akan memfasilitasi ke Kementerian PUPR. "Mengingat saat ini seluruh kegiatan fisik Kemenpora memang Kementerian PUPR yang langsung menangani tapi dengan rekomendasi dari kita, karena itu Kemenpora akan bantu fasilitasi Pemerintah Kabupaten Muba baik untuk berkoordinasi dan pengajuan ke Kementerian PUPR," ucapnya.

Untuk olah raga otomotif di Musi Banyuasin menurutnya, perkembangannya sangat luar biasa. "Apalagi di Indonesia ini pasarnya sangat luar biasa. Dan saya mendukung kejurnas ini," urainya.

Ia mengaku, Bupati Muba Dodi Reza merupakan Kepala Daerah di Indonesia yang sangat peduli terhadap bidang olahraga dan kepemudaan. "Pada 2021 nanti Kemenpora akan mengagendakan kegiatan-kegiatan Kemenpora di Musi Banyuasin," sebutnya.

Pembalap Nasional sekaligus Ketua Rally Nasional, Rifat Sungkar menyambut positif event rally Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sprint Rally Indonesia yang akan digelar pada Agustus 2021 mendatang di Muba. "Ini event positif dan akan menjadi event baru di Indonesia," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Menpora turut didampingi Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olah raga Drs Chandra Bhakti MSi dan Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi Drs Maifrizon MSi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement