Selasa 15 Dec 2020 17:52 WIB

YCD, Menjawab Tantangan Komunikasi di Masa Pandemi

Konferensi ini juga untuk meningkatkan jaringan dan kolaborasi antar peserta

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta telah melaksanakan Konferensi Internasional, Youth Communication Day dengan tema Business Communication In the Time of Pandemic yang diselenggarakan pada Selasa (15/12) hingga Rabu (16/12) secara online.
Foto: istimewa
Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta telah melaksanakan Konferensi Internasional, Youth Communication Day dengan tema Business Communication In the Time of Pandemic yang diselenggarakan pada Selasa (15/12) hingga Rabu (16/12) secara online.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta telah melaksanakan Konferensi Internasional, Youth Communication Day dengan tema Business Communication In the Time of Pandemic yang diselenggarakan pada Selasa (15/12) hingga Rabu (16/12) secara online. 

Menurut Choirul Fajri, M.A selaku Program Chairs of Youth Communication Day Internasional Conference,  dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/12) menyebutkan lokakarya ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menjawab upaya global mengatasi pandemi Covid-19. Selain itu konferensi ini juga bertujuan untuk meningkatkan jaringan dan kolaborasi antar peserta. "Mahasiswa kirim paper presentasi dan workshop, ada PR, iklan, UMKM, jurnalistik, jadi workshop ada kompetisi," katanya. 

Menurutnya, industri komunikasi di berbagai negara menghadapi tantangan di masa pandemi ini. Konferensi tersebut diharapkan mampu mencari solusi dan perspektif bersama. Di berbagai industri ada sejumlah penyesuian dengan teknologi komunikasi. "Selain isu global seperti penanggulangan Covid-19 di Cina, bagaimana covering medianya, Taiwan paling bagus penanganannya," katanya. 

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi bersama Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah (APIK-PTMA). Terdapat enam Universitas Internasional yang terlibat dalam konferensi ini diantaranya yakni Nanjing Normal University China, University of Zululand KwaDlangezwa South Africa, University of Johannesburg South Africa, University of Periyar Salem India, Indian Institute of Mass Communication India dan Universiti Utara Malaysia. Konferensi ini juga diikuti oleh 10 Universitas Muhammadiyah di Indonesia, termasuk Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). 

Dengan jumlah partisipan yang tak kurang dari 150 peserta ini, diharapkan dapat mewujudkan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini. Kegiatan yang diawali  sambutan dari Choirul Fajri, M.A. selaku Program Chairs of Youth Communication Day Internasional Conference ini, menghadirkan enam keynote speakers dari berbagai negara, yaitu Prof. Ying-Jung, Ph. D. (Chairperson of the Graduate Institute of Management National Taiwan University of Science and Technology Taiwan), Dr. Shen Jun (School of Communication and Journalism Nanjing Normal University People Republic of China), Dwi Santoso. Ph.D (Director of Ahmad Dahlan Global Collaboration Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia).

Dr. Azhar Kasim (School of Communication Universiti Utara Malaysia), Dr. GM Naidoo (Head of Departement of Communication Science, Faculty University of Zululand, South Africa) dan Dr. Padmakumar K (Head of Departement of Corporate Communication Manipal Academy of Higher Education India). Pidato dari keenam keynote speakers tersebut, lebih lengkapnya dapat diakses di kanal Youtube Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta melalui link https://youtu.be/002YqLuVTJA.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement