Selasa 15 Dec 2020 16:53 WIB

Kemendikbud Siapkan Intensif untuk Prodi D-4 Tahun Depan

Kemendikbud juga akan merilis insentif khusus bagi prodi D-3 yang ingin naik ke D-4.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Ratna Puspita
Ditektur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto saat melakukan sosialisasi kebijakan dengan wartawan, di Gedung E Kemendikbud, Selasa (15/12).
Foto: Humas Kemendikbud
Ditektur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto saat melakukan sosialisasi kebijakan dengan wartawan, di Gedung E Kemendikbud, Selasa (15/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) menyiapkan sejumlah insentif dan bantuan untuk prodi sarjana terapan atau D-4 pada 2021. Kemendikbud juga berencana merilis insentif khusus bagi prodi D-3 yang ingin melakukan program peningkatan D-4. 

"Kebijakan di 2021 kita punya anggaran untuk penguatan prodi. Nah, fokusnya banyak ke D-4," kata Dirjen Diksi Wikan Sakarinto, saat sosialisasi kebijakan di Jakarta, Selasa (15/12). 

Baca Juga

Namun, Wikan mengatakan, kebijakan program peningkatan D-3 ke D4 ini tidak diwajibkan kepada seluruh PTV. Saat ini, Ditjen Diksi Kemendikbud menyusun program peningkatan prodi D-3 menjadi D-4. Perguruan tinggi vokasi (PTV) dipersilakan mengurus persyaratannya ke Kemendikbud jika ingin melakukan program peningkatan ini. 

Selain insentif khusus untuk D-4, Wikan menjelaskan, Ditjen Diksi juga akan memperkuat kerja sama antara PTV prodi D-4 dan kampus-kampus di luar negeri. Beberapa negara yang akan menjadi rekan PTV tersebut adalah Jerman, Taiwan, dan Jepang. 

"Kita juga akan 'nikahkan' D-4 kita dengan kampus-kampus di Jerman, Jepang, Taiwan, dan lain-lain. Insentif itu akan jadi program kerja Diksi ke depannya," kata dia menambahkan. 

Ditjen Diksi, lanjut Wikan, juga akan mengintensifkan sosialisasi program peningkatan prodi D-3 ke D-4 ini ke dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Ia menegaskan, sosialisasi ini akan dilakukan intensif dan pihaknya sudah menganggarkan dana cukup besar untuk kegiatan ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement