Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Angka Partisipasi Pemilih Pilkada Tinggi, Ini Kata Puan

Selasa 15 Dec 2020 16:48 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ratna Puspita

Ketua DPR-RI Puan Maharani

Ketua DPR-RI Puan Maharani

Foto: istimewa
Puan mengatakan masyarakat masih mempercayai proses demokrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 yang berlangsung lancar dan aman. Ia mengatakan tingginya angka partisipasi masyarakat sebagai bentuk kepercayaan masyarakat terhadap proses demokrasi.

Berdasarkan data dari pemerintah, angka partisipasi Pilkada 2020 mencapai 75,83 persen. Angka itu lebih tinggi ketimbang Pilkada sebelumnya di masa sebelum pandemi Covid-19.

Baca Juga

“Angka partisipasi ini lebih tinggi daripada pelaksanaan pilkada-pilkada di era normal. Ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap proses demokrasi,” ujar Puan lewat keterangan resminya, Selasa (15/12).

Puan mengatakan, kepercayaan masyarakat itu harus disambut dengan tanggung jawab oleh para calon yang terpilih untuk merumuskan dan menjalankan kebijakan-kebijakan yang baik. Khususnya terkait penanganan pandemi Covid-19 dan dampaknya serta meningkatkan kesejahteraan warga sesuai harapan masyarakat.

"Pada saat-saat seperti ini, setiap daerah memerlukan sosok pemimpin yang bisa mengambil keputusan-keputusan penting,  dan mempercepat kerja-kerja pemerintah daerah untuk membantu warganya,” ujar Puan.

Di samping itu, ia meminta pemerintah segera mengevaluasi pelaksanaan Pilkada 2020. Khususnya perihal protokol kesehatan selama penyelenggaraannya.

“Lakukan tes, tracing, dan treatment bila ada pemilih maupun penyelenggara yang terinfeksi virus corona selama pelaksanaan Pilkada serentak untuk mencegah adanya klaster pilkada,” ujar Puan.

 
 

BERITA LAINNYA