Selasa 15 Dec 2020 14:11 WIB

Foto KTP Sedang Tertawa Buat Remaja Tasikmalaya Viral

Kini foto KTP milik Nadila Suhendar yang sedang tertawa sudah diganti.

Nadila Suhendar (19 tahun) menunjukkan foto KTP miliknya yang sedang tertawa, Selasa (15/12). Foto KTP perempuan asal Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, itu viral di media sosial.
Foto: Republika/Bayu Adji P.
Nadila Suhendar (19 tahun) menunjukkan foto KTP miliknya yang sedang tertawa, Selasa (15/12). Foto KTP perempuan asal Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, itu viral di media sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Nadila Suhendar tak menyangka akan menjadi pembicaraan banyak orang. Foto kartu tanpa pengenal elektronik (KTP-el) miliknya tersebar di dunia maya dan menjadi viral. Sebab, pose foto perempuan berusia 19 tahun itu tak seperti umumnya. Fotonya yang terpasang di KTP adalah pose sedang tertawa.

Perempuan asal Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, itu bercerita, foto itu diambil oleh petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tasikmalaya satu tahun silam. Ketika itu, ia diantar oleh kakaknya membuat KTP-el karena usianya sudah menginjak 17 tahun.

"Saat aku lagi difoto gak sengaja ketawa. Soalnya kakak aku bercanda," kata dia saat ditemui di kediamannya, Selasa (15/12).

Ketika itu, ia meminta petugas pembuat KTP-el untuk memotret ulang dirinya. Petugas pun mengiyakan. Foto dalam keadaan formal diambil. Namun, setelah KTP-el miliknya jadi, yang terpasang justru foto yang sedang tertawa.

Nadila sempat kembali ke Disdukcapil Kota Tasikmalaya, meminta fotonya diganti. Namun, petugas bilang tidak bisa.

"Malu awalnya," kata perempuan yang kini masih mencari pekerjaan itu.

Rasa malu itu semakin bertambah ketika ia mengetahui foto KTP miliknya tersebar di media sosial dan menjadi viral. Beberapa waktu lalu, banyak temannya yang mengirim pesan WhatsApp, memberi tahu foto KTP-nya viral.

Karena merasa malu, Nadila sempat mengirimkan pesan ke akun-akun yang mengunggah fotonya untuk diturunkan. "Aku udah minta di-take-down di Twitter dan IG (Instagram), tapi masih aja muncul di mana-mana," kata dia.

Setelah viral, meski awalnya merasa risih dan malu, Nadila akhirnya dapat menerima. Sebab, banyak orang yang memberikan komentar posisitf kepadanya.

"Jadi PD saja," kata dia.

Nadila mengatakan, kini foto KTP miliknya sudah diganti. Ia telah meminta petugas di disdukcapil menggantinya. Petugas pun akhirnya memenuhi permintaannya.

"Tapi di kartunya saja. Kalau di pusat (data) tetap yang tertawa," kata dia.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement