Selasa 15 Dec 2020 13:52 WIB

Pandangan Scott Cooper Soal Prancis dan Islamofobia

Scoot Cooper memberikan pandangan soal islamofobia dan Prancis.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Pandangan Scott Cooper Soal Prancis dan Islamofobia. Foto: Muslim Prancis serukan stop Islamofobia
Foto: google.com
Pandangan Scott Cooper Soal Prancis dan Islamofobia. Foto: Muslim Prancis serukan stop Islamofobia

REPUBLIKA.CO.ID,PARIS -- Scott Cooper, dalam tulisannya untuk Left Voice, menyampaikan pandangannya soal Prancis dan islamofobia. Dia mengawalinya dengan mengatakan, selama tiga pekan berturut-turut, Prancis didera oleh demonstrasi di seluruh negeri.

Undang-Undang Keamanan Global yang diusulkan pemerintah mencakup artikel antidemokrasi yang akan memberi polisi alat baru untuk menekan protes. Pemerintah juga telah memperkenalkan undang-undang rasis dan anti-Muslim yang dikenal sebagai hukum separatis'. Secara sinis, yang terakhir telah resmi berganti nama menjadi undang-undang "memperkuat penghormatan prinsip-prinsip Republik" - dan Majelis Nasional Prancis akan mulai memperdebatkannya bulan depan.

Baca Juga

Hukum Keamanan Global diperkenalkan pada akhir Oktober dan telah menjadi fokus pengunjuk rasa dan media sejak bulan lalu. Undang-undang separatis dikirim ke parlemen pada 9 Desember, peringatan 115 tahun undang-undang Prancis tahun 1905 tentang pemisahan gereja dan negara bagian, yang dianggap sebagai landasan republik Prancis. Perlu dicatat bahwa “pemisahan” di Prancis ini berlawanan dengan di Amerika Serikat.

Di Amerika Serikat, ini dimaksudkan untuk menjauhkan pemerintah dari agama. Di Prancis, ini dimaksudkan untuk menjauhkan agama dari "lapangan umum", dan telah digunakan - terutama dalam beberapa tahun terakhir, untuk membenarkan serangan bersama yang sedang berlangsung terhadap Muslim di seluruh Prancis. Ini termasuk langkah-langkah seperti larangan memakai jilbab di sekolah umum.

Tujuan pemerintah tidak dapat sepenuhnya dipahami tanpa mempertimbangkan kedua undang-undang - bersama-sama disebut sebagai lois liberticides (undang-undang yang menghancurkan kebebasan). Undang-undang separatis adalah bagian dari lukisan Muslim Prancis sebagai "yang lain". Pada gilirannya membenarkan kebrutalan polisi yang secara rutin dilakukan di lingkungan mereka.

Kedua undang-undang itu adalah bagian dari serangan harian oleh negara Prancis dan pasukan keamanannya yang menargetkan orang miskin, imigran, dan orang kulit berwarna, terutama orang kulit hitam Afrika dan Muslim dari bekas koloni Prancis di Afrika Utara.

Pemerintah mengklaim hukum separatis tidak ada hubungannya dengan Islam sebagai agama, tetapi hanya "separatisme Islam." Padahal, dalam wawancara dengan Le Monde pekan lalu, Perdana Menteri Prancis Jean Castex mengatakan hal-hal sepi itu lantang.

Diminta untuk memberikan contoh hal-hal yang perlu ditangani pemerintah dengan undang-undang, Castex menunjuk pada kebutuhan untuk menanggapi "memerangi ... ekses dan serangan terhadap nilai-nilai Republik yang tidak dapat diterima". Dan apakah "ekses dan serangan" ini? Castex hanya mengutip contoh-contoh yang terkait dengan Islam.

Bagaimana kita bisa menerima bahwa di sebuah kota di Utara, misalnya, program bantuan pekerjaan rumah mempengaruhi anak-anak sehingga mereka menolak bermain dengan non-Muslim, atau menyanyikan surah [Alquran] sambil menutup telinga mereka selama pelajaran musik?

Bagaimana kita dapat menerima bahwa di Seine-Saint-Denis, sebuah asosiasi budaya mengkhotbahkan kebencian terhadap Republik dengan dalih merawat anak-anak yang tidak bersekolah? Bagaimana kita bisa menerima, lagi-lagi, bahwa di Bouches-du-Rhône, klub olahraga ditulari oleh separatis sampai-sampai seseorang menolak untuk tunduk pada lawannya selama pertandingan judo karena ia hanya bisa sujud di hadapan Allah?

Lalu bagaimana dengan Hukum Keamanan Global? Ini adalah serangan langsung terhadap kebebasan sipil, yang mendukung pendekatan "konfrontatif" terhadap protes kepolisian. Seperti yang dijelaskan La Quadrature du Net (Squaring the Net), sebuah kelompok advokasi kebebasan berbicara Prancis.

Pendekatan itu bergantung pada upaya pencegahan orang untuk ikut serta dalam demonstrasi, baik dengan melelahkan secara psikologis peserta, memblokir atau menyaring jalan keluar masuk, gas air mata atau semprotan merica, penggeledahan, mendorong mereka berkeliling, atau dengan kekerasan fisik langsung (peluru karet), granat, mengisi daya mereka).

Hal itu memperlakukan para demonstran bukan sebagai individu tetapi sebagai 'arus' yang tidak manusiawi yang hanya boleh disalurkan, salah arah, ditahan, atau dibubarkan. Undang-undang tersebut akan memberi polisi Prancis tiga alat teknologi baru.

Pasal 21 mengizinkan polisi untuk menggunakan "kamera ponsel" dan kamera yang dipasang di jalan-jalan Prancis untuk merekam intervensi mereka sehingga mereka dapat mengakses gambar yang mereka rekam, mengirimnya ke pos komando secara real time, dan mengidentifikasi pengunjuk rasa. Pasal 22 mengizinkan penempatan drone untuk memantau ruang publik. Pasal 24 mengkriminalisasi publik agar tidak merekam "operasi polisi" dan merilis gambar dengan tujuan merusak integritas fisik atau mental polisi.

Singkatnya, undang-undang mengatur pengawasan darat dan udara besar-besaran dan larangan mendokumentasikan tindakan polisi. Organisasi media di seluruh Prancis mengecam Pasal 24 sebagai ancaman bagi kebebasan pers sejak diusulkan pada November.

Dalam tanggapan terbaru dari rakyat Prancis, ribuan lagi turun ke jalan akhir pekan lalu meski ada upaya untuk melumpuhkan pengunjuk rasa oleh kelompok penyelenggara utama, Hentikan Koordinasi Hukum Keamanan Global, karena "kondisi keamanan" dan ancaman kekerasan oleh polisi represi. Upaya demobilisasi itu mendapat dukungan dari Jean-Luc Mélenchon, pemimpin partai sosial demokrat La France Insoumise (Unbowed France).

Tetapi hampir 10 ribu orang berbaris di Paris sendirian, berjalan di sepanjang jalan antara Place du Châtelet dan Place de la République di belakang spanduk besar bertuliskan "Separatisme, Keamanan global: Hentikan hukum yang represif, Hentikan Islamofobia."

Pemuda Paris adalah bagian utama dari protes, yang disebut oleh organisasi antiracist, keluarga korban kekerasan polisi, Partai Antikapitalis Baru (NPA), kelompok feminis, dan Front Persatuan Imigran dan Lingkungan Miskin. Seperti yang dikatakan seorang aktivis antirasis kepada para demonstran, bahwa dua undang-undang yang diprotes ditujukan untuk mengendalikan penduduk, terutama mereka yang telah mengalami penindasan selama beberapa dekade.

Konvergensi perjuangan melawan kebrutalan polisi dan Islamofobia telah, hingga demonstrasi hari Sabtu di Paris, “sebagian besar diabaikan, atau bahkan ditolak, oleh sebagian dari kepemimpinan gerakan melawan Hukum Keamanan Global,” seperti dicatat oleh Révolution Permanente, saudari situs Left Voice di Prancis. “Melawan semua ekspektasi, ribuan demonstran… menunjukkan bahwa [menghubungkan dua pertarungan] itu penting dan dapat bergerak secara luas meskipun banyak rintangan.”

Hambatan tersebut termasuk kekuatan represif lebih dari 6.000 petugas polisi dan polisi. Ada 140 penangkapan, banyak di antaranya yang diklaim polisi sebagai pencegahan. Wartawan dipaksa menunjukkan identitasnya untuk memasuki area demonstrasi. Polisi berulang kali menyerang pengunjuk rasa dengan gada, mengklaim bahwa mereka mencegah pembentukan "blok hitam". Pada penutupan pawai, Place de la République dibersihkan dengan gas air mata, meriam air, dan tuduhan kekerasan oleh polisi.

Pada hari-hari menjelang demonstrasi terbaru, tekanan terhadap pemerintah Prancis untuk merevisi elemen yang paling menghancurkan kebebasan dari Hukum Keamanan Global menjadi terlalu berat untuk ditanggung.

Biasanya, pernyataan publik oleh Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia diarahkan pada "tersangka biasa" - terutama kediktatoran terbuka. Tidak setiap hari Michelle Bachelet, mantan presiden Chili yang saat ini memegang posisi PBB itu, menyebut salah satu "demokrasi" dunia. Tapi itulah yang dia lakukan pada 9 Desember.

"Undang-undang itu harus dibicarakan oleh rakyat Prancis," kata Bachelet kepada wartawan. "Tapi ini Pasal 24, yang sangat kami khawatirkan. Dan itulah mengapa kami menyebutkan bahwa itu harus ditinjau dan harus, saya kira, ditarik."

Beberapa hari sebelum pernyataan Bachelet, lima "reporter khusus" independen yang diminta oleh dewan hak asasi manusia PBB untuk meninjau undang-undang tersebut menyimpulkan bahwa undang-undang tersebut tidak sesuai dengan hukum internasional dan hak asasi manusia.

Gambar video pelanggaran polisi yang ditangkap oleh publik, menurut para ahli, memainkan peran penting dalam mengawasi lembaga publik, yang merupakan hal mendasar di negara yang menghormati supremasi hukum. Mereka juga mencatat implikasi serius dari penggunaan drone untuk hak privasi, kebebasan berkumpul secara damai, dan kebebasan berekspresi di Prancis.

Faktanya, hanya beberapa hari setelah majelis rendah parlemen Prancis memberikan persetujuan awal untuk RUU tersebut, muncul gambar dari tiga polisi Prancis yang secara brutal memukuli Michel Zecler, seorang produser musik kulit hitam.

Itu diikuti oleh demonstrasi di seluruh negeri pada hari Sabtu, 28 November, di lebih dari 70 kota, termasuk lebih dari 100.000 di Paris, mewakili seluruh serikat pekerja politik dan buruh Kiri serta organisasi hak-hak sipil.

Tindakan hari itu dilakukan setelah polisi Prancis dengan kasar mengusir pengungsi dari Place de la République pada tanggal 23 November. Pemukulan Zecler menyulut api, dan protes ditanggapi dengan lebih banyak kekerasan polisi. Video semacam itu akan ilegal berdasarkan undang-undang yang diusulkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement