Selasa 15 Dec 2020 07:10 WIB

Ini 11 Pemain yang Masuk dalam Ballon d'Or Dream Team

France Football menggelar jajak pendapat untuk 11 pemain terbaik sepanjang masa.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Striker Juventus Cristiano Ronaldo masuk dalam Ballon d'Or Dream Team oleh majalah France Football.
Foto: EPA-EFE/Alberto Estevez
Striker Juventus Cristiano Ronaldo masuk dalam Ballon d'Or Dream Team oleh majalah France Football.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- France Football meniadakan penghargaan individual bergengsi untuk pesepak bola, Ballon dÓr, pada tahun ini. Sebagai gantinya, majalah sepak bola Prancis itu mengumumkan tim impian sepanjang masa, Ballon d'Or Dream Team, yang didapat lewat jajak pendapat daring.

Dikutip dari Marca, Selasa (15/12), France Football meluncurkan inisiatif untuk menentukan sebelas pemain terbaik sepanjang masa dalam formasi 3-4-3. Brasil mengirimkan tiga pemain, paling banyak di antara semuanya, yakni Cafu, Pele, dan Ronaldo Luiz Nazario Lima. Berikutnya, Jerman dan Argentina diwakilkan dua pemain, yakni Franz Beckenbauer dan Lothra Matthaus serta Diego Maradona dan Lionel Messi. Sisanya masing-masing satu pemain dari Uni Soviet, Italia, Spanyol, dan Portugal.

Kiper yang mengambil tempatnya sebagai pemain nomor 1 terbaik dunia adalah legenda Rusia, Lev Yashin, yang membuat 74 penampilan untuk Uni Soviet antara tahun 1954 dan 1970. Tiga bek terdiri dari pemain Jerman Franz Beckenbauer, bek sayap Brasil Cafu dan legenda Italia Paolo Maldini.

Legenda Barcelona Xavi Hernandez dinobatkan sebagai gelandang terbaik dalam sejarah. Pemain Spanyol itu memenangkan Piala Dunia dan dua gelar Eropa bersama La Roja, serta empat gelar Liga Champions bersama Blaugrana di antara banyak trofi lainnya.

Bersama Xavi di sebelas pemain terbaik sepanjang masa ada Lothar Matthaus, yang juga sebagai gelandang bertahan, tetapi dengan suara yang sedikit lebih sedikit dari Xavi.

Di depan Xavi dan Matthaus, ada duet Diego Maradona dan Pele. Legenda Argentina memimpin negaranya hampir sendirian ke kejayaan Piala Dunia pada tahun 1986, sementara pemain Brasil itu membantu Selecao meraih trofi pada tahun 1958, 1962 dan 1970. 

Penyerang tengah dalam sebelas pemain terbaik dalam sejarah versi France Football ini adalah legenda Brasil Ronaldo Nazario Lima, penyerang yang memukau para penggemar saat masih muda. Meski mengalami cedera lutut yang serius, ia menginspirasi Brasil untuk menjuarai Piala Dunia 2002.

Ronaldo diapit Lionel Messi peraih enam Ballon d'Or, enam Sepatu Emas, empat Liga Champions dan segudang gol spektakuler di satu sisi. Di sisi lain, ada Cristiano Ronaldo, bintang dengan lima Ballon d'Or, lima gelar Liga Champions dan Piala Eropa bersama Portugal.

Ballon d'Or Dream Team (3-4-3): Yashin, Cafu, Beckenbauer, Maldini; Matthaus, Xavi, Maradona, Pele; Messi, Ronaldo, Cristiano Ronaldo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement