Senin 14 Dec 2020 20:16 WIB

Pemkot Tangerang Normalisasi Kali Sabi

Normalisasi dilakukan untuk mencegah banjir.

Rep: Eva Rianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Banjir
Foto: MGIT3
Ilustrasi Banjir

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Pemerintah Kabupaten Tangerang melakukan normalisasi Kali Sabi yang berlokasi di Kelurahan Bencongan, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Upaya yang dilakukan bersama dengan Pemerintah Kota Tangerang itu guna mengantisipasi banjir yang melanda titik perbatasan kedua wilayah tersebut.

“Kami melaksanakan normalisasi Kali Sabi, sebagai antisipasi penanganan banjir di wilayah Bencongan, perbatasan dengan wilayah Kota Tangerang,” ucap Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang Slamet Budhi, Senin (14/12).  

Baca Juga

Slamet mengatakan, pembersihan dan pengerukan dilakukan setidaknya pada 100 meter Kali Sabi setiap harinya. Panjang sungai yang dinormalisasi tersebut diketahui kurang lebih 1.900 meter dengan kedalaman sekitar 5 meter hingga 8 meter.

“Setiap musim hujan tiba, kali Sabi ini sering meluap, karena itu kami melakukan normalisasi terutama di titik simpul banjir mengeruk lumpur yang dangkal,” ucap Slamet.

Kabid SDA Dinas Bina Marga dan SDA Kabupaten Tangerang Dedi Sukardi menambahkan, pengerjaan normalisasi Kali Sabi ditargetkan selesai dalam 15 hari kerja. Dia menuturkan, nantinya ada dua alat berat yang diturunkan untuk melakukan pengerukan Kali Sabi.

“Jumlah alat berat yang kita turunkan untuk pengerukan Kali Sabi ada dua berjenis ampibi berat 24 ton,” kata dia.

Sebelumnya diketahui, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar telah meninjau lokasi Kali Sabi pada 23 November 2020 lalu. Kunjungan ke Bencongan Kecamatan Kelapa Dua tersebut untuk meninjau potensi-potensi kerawanan banjir yang bisa menjadi masalah besar pada awal 2021.

“Di sini memang rawan terjadinya banjir tahunan karena bukan saja menyangkut Kabupaten Tangerang, tapi juga wilayah Kota Tangerang dan Kementerian PUPR,” tutur Zaki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement