Senin 14 Dec 2020 20:51 WIB

Penjualan Cayenne, SUV Pertama Porsche Capai 1 Juta Unit

Porsche Cayenne dikenalkan pada 2002.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Porsche Cayenne
Foto: germancarpic
Porsche Cayenne

REPUBLIKA.CO.ID, STUTTGART -- Saat ini, mobil sport utility vehicle (SUV) adalah salah satu produk yang paling diminati. Hal itu pun telah terendus oleh Porsche pada awal tahun 2000-an. Hingga kemudian, pabrikan Jerman itu pun memperkenalkan Porsche Cayenne pada 2002.

Dilansir dari Car and Driver pada Senin (14/12), kini produk SUV pertama dari Porsche itu tercatat sebagai salah satu produk Porsche yang paling laris. Tahun ini, total penjualan Porsche Cayenne sejak pertama diluncurkan pun telah mencapai 1 juta unit.

Baca Juga

Hal ini sekaligus mendobrak kontroversi yang pernah bergulir saat pertama kali pabrikan itu mencoba menyasar pasar SUV. Mengingat, jenama ini memang lebih dikenal sebagai produsen sportscar bermesin belakang.

Tapi kenyataanya, terobosan itu justru mampu menjembatani kaum jetset yang mungkin tetap mencintai sportscar tapi juga butuh kendaraan sehari-hari yang memilki akomodasi dan tangguh di segala medan. Tentu, Porsche Cayenne juga tetap mengusung DNA khas Porsche yang dikenal memiliki desain unik dan mesin high performance.

Capaian 1 juta unit sebelumnya juga sempat dirayakan oleh Porsche. Pada 2017, Porsche 911 juga lebih dulu mencapai catatan penjualan total sebanyak 1 juta unit.

Uniknya, produk sportscar utu butuh waktu sekitar 44 tahun untuk meraih capaian tersebut. Sedangkan Porsche Cayenne hanya butuh waktu sekitar 18 tahun untuk menyapai rekor Porsche 911.

Capaian itu membuktikan bahwa penciuman Porsche tak salah saat mengendus bahwa SUV memang merupakan segmen yang perlu diisi oleh jenama-jenama yang mahir dalam membuat mobil high performance. Kini, Porsche Cayenne pun terus jadi produk terlaris dan telah hadir dalam tiga generasi.

Di Indonesi sendiri, tahun ini pabrikan Jerman itu juga baru saja menghadirkan The new Cayenne S Coupé. Managing Director Porsche Indonesia, Jason Broome mengatakan, produk yang diluncurkan Juli lalu itu dihadirkan untuk konsumen yang dinamis dan mengingingkan mobil yang tangguh dalam segala medan dalam desain khas coupe.

Selain menawarkan desain yang ikonik, mobil ini pun hadir dengan sejumlah fitur mutakhir seperti Sport Chrono Package, Power Steering Plus yang mampu beradaptasi dengan kecepatan kendaraan dan Porsche Active Suspension Management (PASM).

Tak hanya itu, mobil ini pun dilengkapi dengan fitur Porsche Active Aerodynamics (PAA). Lewat fitur ini, performa berkendara ditunjang oleh spoiler belakang adaptif yang hadir untuk memberikan downforce sesuai dengan kecepatan kendaraan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement