Senin 14 Dec 2020 19:30 WIB

Situs Arkeologi Romawi Ditemukan di Amman

Ada situs arkeologi Romawi di Amman

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Situs Arkeologi Romawi Ditemukan di Amman
Foto: gulfnews
Situs Arkeologi Romawi Ditemukan di Amman

REPUBLIKA.CO.ID, AMMAN -- Sebuah situs arkeologi Romawi baru-baru ini ditemukan di ibu kota Yordania, Amman. Di antara sisa-sisa yang ditemukan adalah pemandian Romawi dari abad kedua dengan ruang penyimpanan bawah tanah, dan krematorium.

Direktur Departemen Purbakala Yordania, Yazid Alayyan telah mengunjungi tempat peninggalan arkeologi era Romawi yang ditemukan di Greater Amman Municipality pada Jum’at (11/12) lalu. Di lokasi tersebut pihaknya sedang membangun proyek infrastruktur.

Baca Juga

Dilansir dari gulfnews, Senin (14/12), situs arkeologi tersebut ditemukan ketika pihak berwenang memasang sistem untuk mengendalikan banjir, yang telah menyebabkan kerusakan pada toko-toko dan situs arsitektur di Amman.

Situs-situs arkelogi tersebut diperkirakan tenggelam oleh Sungai Amman antara 1964 hingga 1971. Sungai tersebut terbentang mulai dari Ras Al Ain hingga Ain Ghazal, dan mengalir ke Sungai Zarqa. Selama musim dingin, sungai tersebut biasanya juga membanjiri daerah sekitar kota Amman.

Menurut Alayyan, proyek yang dikerjakan saat ini tidak akan mengganggu situs arkeologi, dan Departemen Purbakala saat ini sedang menindaklanjuti semua proyek infrastruktur di seluruh Kerajaan Yordania.

Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa mereka juga tidak akan mengurangi keutuhan situs arkeologi lainnya. Alayyan mengatakan, Departemen Purbakala Yordanian ingin melestarikan peninggalan arkeologi sambil memenuhi kebutuhan infrastruktur saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement