Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Ini yang Terjadi Bila Makan Pisang Setiap Hari

Senin 14 Dec 2020 14:45 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah

Mengonsumsi pisang setiap hari bisa membuat tubuh sehat (Foto: ilustrasi pisang)

Mengonsumsi pisang setiap hari bisa membuat tubuh sehat (Foto: ilustrasi pisang)

Foto: Wallpaper Flare
Mengonsumsi pisang setiap hari bisa membuat tubuh sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi penyuka buah pisang nampaknya bisa sedikit lebih lega. Pasalnya, mengonsumsi pisang setiap hari bisa membuat tubuh sehat dan jauh dari dokter.

Jika makan pisang secara teratur ternyata membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Dengan kata lain, makan pisang dalam satu hari jelas merupakan cara untuk tetap sehat. Namun, meski sehat, tetap tidak boleh berlebihan.

Menurut Healthline, dilansir Senin (14/12), rekomendasi dari pakar hanya memperbolehkan mengonsumsi satu atau dua buah pisang sehari, tidak lebih dari itu. Makan terlalu banyak makanan apa pun, bahkan yang sehat seperti pisang, dapat menyebabkan penambahan berat badan atau kekurangan nutrisi.

Berikut manfaat sehat yang bisa didapat saat mengonsumsi pisang setiap hari.

Menyehatkan usus
Menurut tinjauan studi tahun 2017 di Nutrition Bulletin, pisang mengandung pati resisten yang berfungsi meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek. Kandungan ini penting untuk kesehatan usus. Mengonsumsi pisang bisa menstabilkan usus dan menyediakan nutrisi untuk mikrobioma.

Baca Juga

Menurunkan berat badan
Manfaat yang jangan pernah diremehkan dari makan pisang setiap hari adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Dikemas dengan serat dan protein, pisang akan membuat Anda kenyang lebih lama, meskipun per potongnya hanya 100 kalori.

Memperbaiki kulit
Pisang juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Itu semua karena vitamin dan mineral yang terkandung di dalam pisang, khususnya meningkatkan kadar kolagen. Pakar bahkan menyarankan masker wajah pisang.

Menambah energi
Saat dimakan sebelum atau setelah berolahraga, pisang dapat berperan penting dalam meningkatkan energi. Jangan heran bila sering mengonsumsi pisang tidak akan merasa lelah sepanjang hari.

Hasil dari studi PLOS One 2012 pada atlet pria menemukan bahwa mereka yang mengisi bahan bakar dengan minuman olahraga setiap lima belas menit, dibandingkan dengan pisang dan air, memiliki performa yang lebih buruk secara keseluruhan dalam balapan bersepeda jarak jauh. Oleh karena itu, ada korelasi langsung antara makan pisang dan peningkatan tingkat energi pada performa.

Tambahan kalium untuk jantung
Pisang dikenal dengan potasiumnya, tapi tahukah bahwa potasium dapat membantu memperkuat jantung? Makan pisang dalam sehari bisa membuat jantung sehat. Kebanyakan orang tidak mengonsumsi cukup kalium dalam makanan sehari-hari yang seringkali berdampak langsung pada pengendalian tekanan darah dan komponen kesehatan jantung lainnya.

Menyehatkan mata
Menurut National Institute of Health, pisang mengandung Vitamin A yang berfungsi untuk melakukan tiga hal, melindungi mata, menjaga penglihatan normal, dan meningkatkan penglihatan di malam hari.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA