Senin 14 Dec 2020 14:17 WIB

Singapura Kini Punya Wisata Kapal Pesiar Ramah Muslim

Muslim kini bisa lebih leluasa dan nyaman melakukan plesiran dengan kapal pesiar

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Singapura kini memiliki wisata kapal pesiar atau pelayaran yang ramah Muslim.
Foto: Salaam Gateway
Singapura kini memiliki wisata kapal pesiar atau pelayaran yang ramah Muslim.

IHRAM.CO.ID, SINGAPURA -- Singapura kini memiliki wisata kapal pesiar atau pelayaran (seacation) yang ramah Muslim. Karena itu, Muslim kini bisa lebih leluasa dan nyaman melakukan plesiran dengan kapal pesiar dengan layanan yang ramah Muslim.

Salah satu layanan dari operator pelayaran Genting Cruise Lines dari merek Dream Cruises, World Dream, mengikuti pedoman wisata halal yang ditetapkan oleh Standards and Metrology Institute for the Islamic Countries (SMIIC). Kini, World Dream telah disertifikasi oleh United World Halal Development yang berbasis di Singapura.

Kapal pesiar ini juga secara resmi telah dinilai oleh otoritas perjalanan halal Crescent Rating. Otoritas perjalanan ramah Muslim yang berbasis di Singapura itu mengatakan kepada Salaam Gateway, bahwa ini adalah pertama kalinya mereka melakukan penilaian sebuah layanan kapal pesiar.

"Berdasarkan layanan yang mereka (World Dream Cruise) tawarkan (makanan bersertifikat halal, fasilitas sholat, dan lainnya), mereka diberi peringkat Crescent Rating 5," kata CEO Crescent Rating, Fazal Bahardeen, kepada Salaam Gateway, dilansir Senin (14/12).

Perusahaan tersebut menilai layanan perjalanan dan keramahan, seperti hotel dan restoran, berdasarkan ketersediaan makanan halal, fasilitas sholat, layanan selama Ramadhan, dan tingkat kegiatan non-halal, serta tingkat keramahan Muslim yang diberi peringkat dari Bermanfaat (Crescent Rating 1, 2, 3), Mengakomodasi (4, 5) hingga Khusus (6,7). Fazal mengatakan, tujuh adalah rating tertinggi.

World Dream memulai debutnya di pangkalan Singapura pada 6 November 2020. World Dream menawarkan perjalanan dua dan tiga malam.

Seorang juru bicara Genting Cruise Lines mengatakan, bahwa kapal tersebut memiliki dapur pusat bersertifikat halal dengan bahan-bahan bersertifikat halal untuk masakan halal, mushala dengan fasilitas Alquran, sajadah, dan kompas untuk menentukan arah kiblat. Selain itu, kapal itu juga akan melayani tamu selama Ramadhan dengan menu sahur dan buka puasa.

Menurut Fazal, memang sudah ada kapal pesiar di kawasan Asia Pasifik yang menyajikan makanan halal. Akan tetapi, menurutnya, World Dream adalah yang pertama merangkul pendekatan ramah Muslim yang lebih holistik, yang lebih dari sekadar memiliki dapur bersertifikat halal.

Fazal mengatakan, konsep 'kapal pesiar halal/ramah Muslim' telah dibicarakan sejak beberapa tahun belakangan. Menurutnya, semakin banyak minat dari Muslim sebelum Covid. Minat yang meningkat dari umat Islam itu mendorong beberapa kapal pesiar untuk memiliki dapur bersertifikat halal.

"Kami sekarang melihat dimulainya fase berikutnya dari pengembangan kapal pesiar ramah Muslim, dengan perusahaan seperti Dream Cruises mengambil lebih banyak langkah untuk membuatnya lebih ramah Muslim," lanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement