Senin 14 Dec 2020 01:20 WIB

Longsor Landa Dua Kecamatan di Magelang

Longsor terjadi di Kecamatan Windusari dan Kajoran, Kabupaten Magelang.

Longsor terjadi di Kecamatan Windusari dan Kajoran, Kabupaten Magelang (Foto: ilustrasi longsor)
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Longsor terjadi di Kecamatan Windusari dan Kajoran, Kabupaten Magelang (Foto: ilustrasi longsor)

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Bencana longsor terjadi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Ahad (13/12). Longsor dilaporkan melanda wilayah Windusari dan Kajoran setelah daerah tersebut diguyur hujan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang, Edy Susanto di Magelang, Ahad, mengatakan, longsor terjadi di Kecamatan Windusari terjadi di Dusun Gedegan, Desa Windusari sekitar pukul 16.00 WIB.

Baca Juga

Ia menuturkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengakibatkan tebing dengan tinggi sekitar enam meter dan panjang sekitar lima meter longsor.

"Kejadian longsor tersebut mengakibatkan sebagian akses jalan Windusari-Bandongan tertutup material longsor," katanya.

Kemudian di Kecamatan Kajoran, longsor terjadi di Dusun Kali Tengah, Desa Banjaretno. Ia mengatakan, longsor terjadi sekitar 16.30 WIB, berupa talud tebing setinggi enam meter dan panjang sekitar lima meter mengakibatkan material longsor menutup akses jalan Pancar Salaman-Kajoran.

Menurut Edy, dua kejadian longsor tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa. Setelah dilakukan kerja bakti oleh sukarelawan bersama masyarakat akses jalan tersebut kini sudah bisa dilalui kendaraan. 

Selain di Kabupaten Magelang, bencana longsor juga terjadi di Dusun Gombangsari, Desa Jonggolsari, Kecamatan Leksono, Kabupaten Wonosobo, yakni senderan sepanjang 15 Meter longsor menimpa kandang kambing. Danramil Leksono Lettu Inf Salman mengatakan setelah kejadian anggota Koramil, Polsek, perangkat desa, dan masyarakat melaksanakan gotong royong menyingkirkan material longsor.

"Kami TNI akan selalu hadir dan siap membantu masyarakat oleh karena itu masyarakat jangan segan dan jangan takut untuk segera melaporkan kepada Babinsa apabila ada kejadian di desanya sehingga TNI akan dengan cepat mengambil tindakan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement