Ahad 20 Dec 2020 11:48 WIB

Ini Keunggulan dan Manfaat Susu Organik untuk Anak Tercinta

Susu organik juga tak kalah bagusnya dengan susu yang lain.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Susu organik untuk anak
Susu organik untuk anak

Pada masa pertumbuhannya, anak akan membutuhkan nutrisi dan berbagai asupan vitamin lainnya. Semua ini bisa didapatkan melalui asupan yang dikonsumsi, termasuk susu yang biasanya menjadi salah satu minuman rutin bagi anak-anak. 

Ada banyak jenis susu anak yang bisa ditemukan di pasaran, mulai dari susu hewani hingga susu nabati yang berasal dari tanaman. Namun jika Anda menginginkan nutrisi lebih, maka memberi anak Anda susu organik juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Susu organik merupakan susu yang dihasilkan oleh peternakan yang memiliki standar khusus terkait kelestarian lingkungan, kesehatan serta kenyamanan semua hewan ternak di dalamnya. Susu ini dipercaya mengandung nutrisi yang lebih banyak dan lebih sehat, jika dibandingkan dengan susu anak pada umumnya. 

Susu organik juga sudah mendapatkan sertifikasi organik, di mana susu ini sudah memenuhi syarat serta kriteria khusus terkait hal tersebut yang dikeluarkan oleh Badan Standarisasi Nasional Indonesia. Pada umumnya, susu organik hanya bisa diberikan kepada anak setelah mereka berusia lebih dari 1 tahun.

 

Berbagai keunggulan susu organik

susu

Berbagi keunggulan susu organik

Berbeda dengan susu biasa, susu organik memang memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik. Di antara berbagai nutrisi ini, kandungan omega-3 dalam susu organik menjadi salah satu yang cukup tinggi. Omega-3 menjadi salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan anak dalam masa pertumbuhannya, sebab omega-3 bisa membantu tumbuh kembang otak dan juga kemampuan kognitif pada anak-anak. Omega-3 ikut berperan penting untuk memelihara kesehatan jantung serta mata pada anak.

Susu organik juga memiliki kandungan zat besi lebih tinggi, jika dibandingkan dengan susu biasa. Zat besi memegang peranan penting di dalam pertumbuhan anak, di mana kandungan ini akan membuat anak lebih mudah fokus ketika belajar, bebas anemia, dan bahkan tidak mudah kelelahan. Hal ini akan membuat anak lebih sehat, sehingga bisa aktif dan leluasa dalam beraktifitas. 

Sebagian susu organik yang secara khusus diproduksi untuk anak sudah diperkaya dengan tambahan nutrisi lainnya, seperti: prebiotik frukto-oligosakarida (FOS), vitamin E, galakto-oligosakarida (GOS), dan yang lainnya. Di dalam prakteknya, Prebiotik FOS dan GOS ini akan membantu menjaga kesehatan di area saluran cerna anak. Hal ini akan membuat anak lebih prima dan tidak rentan terhadap berbagai gangguan pencernaan selama masa pertumbuhan mereka.

Sebagaimana produk organik lainnya, susu organik ini biasanya lebih higienis dan memiliki kualitas yang tinggi, sebab sudah sesuai dengan standar kesehatan dan juga standar produksi bahan pangan organik yang terbilang ketat. 

Sertifikasi organik seperti ini hanya bisa didapatkan jika produk susu memenuhi beberapa kriteria, seperti: pemilihan pakan yang tepat dan bebas pestisida bagi sapi, tingkat kebersihan area peternakan dan area produksi, dan yang lainnya. Penting untuk selalu memastikan bahwa susu organik yang akan Anda berikan kepada anak sudah benar-benar tersertifikasi.

Baca Juga: Cimory, Berawal dari Keinginan Membantu Peternak Sapi Hingga Jadi Perusahaan Sukses

Manfaat susu organik bagi anak

susu

Manfaat susu organik untuk anak

Ada banyak manfaat susu organik bagi anak, beberapa di antaranya seperti berikut ini:

  • Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang

Tulang menjadi bagian penting di dalam pertumbuhan anak, sebab anak yang sehat tentu harus memiliki tulang yang kuat. Jika anak mengkonsumsi 1 gelas susu organik, maka anak bisa mendapatkan sekitar 270-350 mg kalsium. Ini akan membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang anak selama masa pertumbuhannya. 

  • Membantu tumbuh kembang anak

Di dalam pertumbuhannya, anak akan membutuhkan nutrisi yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembangnya. Di antara berbagai nutrisi ini, protein menjadi salah satu yang terpenting. Anak bisa mendapatkan protein yang tinggi dari susu yang dikonsumsinya. Setidaknya, terdapat 8 gr protein di dalam setiap gelas susu organik.

  • Memelihara kesehatan jantung

Susu juga bisa menjaga kesehatan jantung anak di dalam masa pertumbuhannya. Banyak nutrisi yang terdapat di dalam susu, salah satunya kalium yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung. Anak bisa mendapatkan sekitar 300-400 mg kalium di dalam setiap gelas susu yang mereka minum. Susu organik bahkan bisa memberikan asupan omega-3 serta kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan anak.

  • Mencegah terjadinya kerusakan gigi

Susu juga akan membantu menjaga kesehatan gigi anak. Di dalam setiap gelas susu, terdapat sekitar 105 IU vitamin D yang sangat berguna untuk memelihara kesehatan gigi serta gusi pada anak. Bukan hanya itu saja, vitamin D ini juga akan berguna untuk pertumbuhan tulang anak.

Baca Juga: Bukan Cuma Bikin Sehat, Susu Beruang Juga Bermanfaat untuk Kecantikan

Pilih susu yang tepat dan berikan dalam jumlah tepat

Memberikan susu organik pada anak bisa menjadi pilihan tepat, sebab ada banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Agar lebih jelas dan aman, konsultasikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter anak. Pilih susu yang tepat bagi anak dan berikan dalam jumlah yang tepat, agar susu ini bisa memberikan manfaat maksimal bagi anak.

Baca Juga: Peluang Manis dari Ide 6 Bisnis Susu Kental Manis

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement